Keistimewaan Lidah Buaya Bagi Pengidap Diabetes, Begini Cara yang Benar Menggunakannya

Editor:

Health – Kamu mungkin sudah sering sekali mendengar nama lidah buaya dan memiliki manfaat untuk kecantikan. Tetapi, tahukah kamu bahwa lidah buaya juga mempunyai keistimewaan bagi kesehatan, diabetes salah satunya.

Berikut penjelasan keistimewaan, risiko, dan langkah-langkah mengonsumsi lidah buaya untuk diabetes yang telah dilansir dari sehatq.com.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Menurunkan kadar gula darah 

Aloe vera mempunyai senyawa aktif yang bisa digunakan untuk kesehatan, antara lain vitamin, mineral, enzim, antrakuinon, monosakarida, polisakarida, lignin, saponin, asam salisilat, fitosterol, dan asam amino.

Beberapa senyawa dalam lidah buaya tersebut diketahui mempunyai sifat antidiabetes yang mampu mengontrol kadar glukosa dalam darah.

Meningkatkan efektivitas insulin

Lidah buaya juga mempunyai senyawa kromium, magnesium, mangan, dan seng. Senyawa-senyawa tersebut diketahui mampu meningkatkan efektivitas insulin sehingga bertugas penting dalam metabolisme glukosa.

Lebih lanjut, penelitian tahun 2022 dalam Brazilian Journal of Pharmacognosy menyatakan bahwa aloe vera mampu mengurangi kadar glukosa darah, meningkatkan insulin plasma, meminamilisir stres oksidatif dan merangsang produksi serat kolagen dan elastin. Bukan sekedar mengontrol gula darah, manfaat ini juga efektif membantu penyembuhan ulkus diabetik pada hewan uji.

Langkah-langkah mengonsumsi lidah buaya bagi penderita diabetes

Berikut beberapa cara mengonsumsi lidah buaya untuk penderita diabetes :

  • Tetap menjalani pola makan dan idup sehat, serta obat-obatan atau terapi insulin yang direkomendasikan oleh dokter.
  • Konsultasi ke dokter terkait perlu atau tidak konsumsi lidah buaya beserta dosis yang tepat untuk mengindari penggunaan berlebihan.
  • Tetap monitor kadar gula darah Anda secara berkala untuk menghindari reaksi kadar gula darah terlalu rendah.
  • Catat pengalaman Anda saat menambahkan lidah buaya ke dalam rencana perawatan diabetes, termasuk dosis, waktu konsumsi, manfaat, dan efek samping yang Anda rasakan.
  • Pilihlah suplemen yang direkomendasikan dokter atau telah memiliki izin edar dari BPOM.
  • Jika hendak konsumsi jus lidah buaya, pastikan kebersihannya untuk menghindari kontaminasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.