Guru Harus Kreatif Merancang Pembelajaran

OPINI GURU HARUS KREATIF MERANCANG PEMBELAJARAN
0 Komentar

Menyiapkan metode pengajaran kreatif memang bukan hal yang mudah tetapi guru dapat melakukan asalkan mau sedikit berfikir untuk merancang pembelajaran yang menarik murid , beberapa pendidik merasa bahwa beban kerjanya cukup berat dan memiliki sedikit waktu luang, sehingga untuk menyiapkan metode pengajaran kreatif membutuhkan cukup banyak energi dan waktu.  Merancang kegiatan belajar mengajar merupakan hal yang sangat penting sebelum proses belajar mengajar berlangsung. Kegiatan belajar yang baik jika indikatornya membuat siswa aktif belajar. Berdasarkan pengamatan banyak siswa atau guru mengalami kesulitan bagaimana menyusun kegiatan belajar yang membuat siswa aktif belajar Metode pengajaran kreatif penting bagi pengembangan profesi guru. Merancang pembelajaran butuh sebuah kemampuan berimaginasi dan tentu dalam pikiran sudah kaya substansi materi yang terendapkan kemudian coba dipanggil kembali untuk menjadi sebuah materi yang terintegrasi dan terukur.

Pembelajaran kreatif juga merupakan sebuah kunci dari pembelajaran efektif, sehingga guru yang menetapkan metode ini kebanyakan adalah guru yang berprestasi. Ghufron & Rini (2014: 101) mengemukakan bahwa kemampuan berpikir kreatif memiliki perananan penting dalam kehidupan karena kreativitas merupakan sumber kekuatan sumber daya manusia yang handal untuk menggerakkan kemajuan manusia dalam hal penelusuran, pengembangan, dan penemuan-penemuan baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta dalam semua bidang usaha manusia. Kemampuan berpikir kreatif diperlukan untuk mengembangkan diri manusia dan memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa kemampuan berpikir kreatif, seseorang tidak akan menemukan jawaban untuk mengatasi permasalahannya sehingga dimungkinkan tidak akan pernah terjadi kemajuan dalam hidupnya. Kemampuan berpikir kreatif dapat meningkatkan pemahaman dan mempertajam bagian-bagian otak yang berhubungan dengan kognitif murni. Ketika kemampuan berpikir kreatif berkembang maka akan melahirkan gagasan (ide), menemukan hubungan yang saling berkaitan, membuat dan melakukan imajinasi, serta mempunyai banyak perspektif terhadap suatu hal. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi cenderung akan merasa tertantang dan tertarik untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam belajar.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan belajar seperti : menggunakan media yang menarik, metode yang sesuai, sampai dengan belajar yang bervariasi. Setiap guru merancang pembelajaran dengan tujuan untuk dapat menyampaikan materi/tujuan pembelajaran dengan baik, guru berusaha menuangan idenya yang  strategi dan pendekatan pembelajaran guna menarik minat dan motivasi untuk mau belajar dikelas. Namun apakah stragi pembelajaran sudah cukup efektif untuk meyakinkan peserta didik belajar agar tidak cenderum monoton dan membosankan. Dalam merancang kegiatan pembelajaran ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan seperti berikut :

0 Komentar