Ridwan Kamil Resmikan Situ Ciburuy, Diproyeksikan untuk Fungsi Sosial hingga Meningkatkan Geliat Ekonomi

Situ Ciburuy diresmikan Ridwan Kamil
Situ Ciburuy diresmikan Ridwan Kamil
0 Komentar

BANDUNG BARAT – Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah merampungkan revitalisasi Situ Ciburuy di Kabupaten Bandung Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung meresmikan Situ Ciburuy yang merupakan kawasan ikonik di tanah Sunda tersebut, Sabtu 13 Agustus 2022.

“Provinsi Jawa barat terus berkomitmen menyukseskan urusan air dan pariwisata dalam satu paket konsep pekerjaan,” kata Kang Emil dalam sambutannya.

Baca Juga:Sambut HUT RI ke 77 Tridjaya Motor Pagaden Gelar Senam Aerobic dan Zumba NusantaraSambut HUT RI ke 77 Satlantas Polres Subang Bagikan 2000 Bendera Merah Putih dan Cemilan ke Pengendara

Revitalisasi Situ Ciburuy diproyeksikan bisa memiliki fungsi sosial, menunjang kebutuhan air, pertanian, wisata, dan bermanfaat untuk masyarakat lebih luas.

“(Revitalisasi Situ Ciburuy, red) Ini hadiah untuk warga KBB,” kata Emil usai peresmian.

Dengan adanya fungsi pariwisata, Gubernur Jabar berharap tingkat kebahagiaan masyarakat bisa meningkat.

Sehingga kata Emil meminta kepada semua pihak baik masyarakat, pemerintah kabupaten hingga desa bisa bersama meningkatkan aspek sosial hingga pariwisata.

“Saya titip ke pa Hengki (plt. Bupati Bandung Barat) Situ Ciburuy ini harus jadi rest area bagi orang-orang yang mau ke Bandung atau ke Cianjur,” katannya lagi.

Untuk meningkatkan geliat ekonomi, Ridwan Kamil berharap orang yang melintas bisa meluangkan waktu, liburan, istirahat di Situ Ciburuy.

Nantinya pengunjung bisa jajan ke para pelaku UMKM, sewa perahu, lalu baru balik lagi ke Jakarta atau Bandung.

Baca Juga:Paspampres Pukuli Supir Truk di Solo, Gibran MarahVaksinasi Upaya Wujudkan Zero Case PMK, 991 Ekor Sapi di Jakarta Sembuh

“Kami terus memperhatikan menyempurnakan danau-danau di Jawa Barat, sehingga selain indah juga punya fungsi ekosistem pengendalian banjir,” katanya.

Ridwan Kamil juga menitipkan agar kelestarian lingkungan tetap terjaga, jangan sampai warga maupun industri merusak lingkungan di sekitar Situ Ciburuy.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Jawa Barat Dicky Achmad Sidik mengatakan, revitalisasi Situ Ciburuy merupakan bagian upaya konservasi dan pendayagunaan Sumber Daya Air.

Menurutnya, situ-situ dan tampungan air lainnya bisa dimanfaatkan kepentingan masyarakat.

“Situ Ciburuy juga punya fungsi sosial, ekonomi dan lingkungan hidup,” kata Dicky dalam sambutanya.

Salah satu upaya yang dilakukan pada tahun 2019 dan tahun 2021 adalah melalui kegiatan rehabilitasi situ – situ WS. Citarum untuk mengembalikan fungsi Situ Ciburuy sebagai salah satu konservasi Sumber Daya Air.

Lanjutnya, Situ Ciburuy juga memberi fungsi sebagai ruang publik yang dapat

0 Komentar