Tips Sederhana untuk Atasi Overthinking, Dijamin Rileks!

Tips Sederhana untuk Atasi Overthinking, Dijamin Rileks!
Tips Sederhana untuk Atasi Overthinking, Dijamin Rileks!
0 Komentar

Ragam – Overthinking atau terlalu berlebihan dalam memikirkan sesuatu sepertinya sudah sering sekali didengar. Bagaimana kepala tidak sakit apabila kita sering menganggap hal yang belum terjadi adalah fakta. Bahkan kadang apa yang terjadi tidak seburuk apa yang kita pikirkan.

Apakah kamu sering seperti itu? Tenang, sebentar lagi kebiasaan overthinkingmu bisa diatasi. Mengutip laman lollydaskal.com, ada beberapa tips sederhana yang dapat kamu terapkan jika ingin berhenti dari kebiasaan overthinking.

Meningkatkan awareness

Hal pertama untuk mengatasi overthinking adalah mulai meningkatkan kesadaran ketika kebiasaan ini muncul. Setiap kali kamu stres atau meragukan sesuatu, cobalah bersikap tenang dan menganalisis situasinya secara objektif. Biasanya kamu akan sadar jika yang kamu pikirkan itu sebenarnya hanya dugaan dan belum tentu akan terjadi.

Berprasangka baik

Baca Juga:Simak! Alasan Mengapa Kamu Sering Menceritakan Diri Sendiri Kepada Orang Lain, Apakah Gejala Stres?Berkesan dan Manis! Berikut Deretan Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Sahabat

Kerap kali overthinking terjadi karena perasaan takut. Takut mengalami kegagalan, takut akan penolakan, takut sakit hati, dan perasaan takut lainnya. Padahal, nyatanya itu hanya sebatas imajinasi.

Mulai sekarang, cobalah berlatih memikirkan kemungkinan positif dibandingkan hal negatif. Sebagai contoh, jika kamu ingin menulis, hindari berpikir bagaimana nanti jik atulisannya ditolak. Berpikirlah hal menyenangkan bila nanti tulisanmu akan diterima. Pikiran positif seperti ini tentunya bakal bikin kamu jadi semangat menulis, bukan?

Mengalihkan pikiran kepada hal yang menyenangkan

Saat berpikir hal buruk dan mulai overthinking, cobalah alihkan ke hal-hal yang menyenangkan. Misalnya, dengan mendengarkan musik yang membuat kamu merasa senang atau lirik-lirik yang menyemangati. Bisa juga dengan meditasi atau latihan pernapasan untuk menenangkan diri sehingga kamu gak stres atau ragu lagi.

Jangan menuntut hal sempurna

Langkah terakhir untuk mengatasi berpikir berlebihan atau overthinking adalah berhenti mengharapkan yang sempurna. Hal tersebut yang sering membuat kepala terasa berat karena jika menuntut kesempurnaan, tugas yang sebenarnya mudah jadi tampak rumit.

Alih-alih menuntut sempurna, hendaknya lebih menekankan progress. Tugas yang selesai tepat waktu meski tidak sempurna jauh lebih baik daripada tugas yang tidak selesai akibat menuntut kesempurnaan. (yni)

0 Komentar