Puluhan Guru Peserta Workshop PSTI Kampus UPI Purwakarta Mendapatkan Sertifikat Internasional

Puluhan Guru Peserta Workshop PSTI Kampus UPI Purwakarta Mendapatkan Sertifikat Internasional
0 Komentar

PURWAKARTA-Program Studi (Prodi) S1 Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi (PSTI) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta memberikan sertifikat MicroTik Certified Network Associate (MTCNA) bagi para peserta workshop.

MTCNA ini merupakan sertifikasi keahlian internasional bagi para profesional atau praktisi di bidang jaringan. Adapun tema workshop yang diselenggarakan adalah “Pengembangan Media Digital Berbasis Microlearning dan MTCNA Exam Guide Bagi Guru Satuan Pendidikan di Kabupaten Purwakarta”.

Ketua Prodi PSTI Nuur Wachid Abdul Majid mengatakan, workshop ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat UPI Kampus Purwakarta.

Baca Juga:Pentingnya Memahami Peraturan Ketenagakerjaan bagi Pelaku Industri dan PekerjaKondisi Gadis Penderita Penyakit Kulit di Desa Patimban Jadi Perhatian Kemensos

“Sasaran workshop ini adalah guru Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dari berbagai SMK di Kabupaten Purwakarta,” ujar Wachid saat ditemui di sela kegiatan yang digelar di Ruang Smart Classroom Kampus UPI di Purwakarta, Sabtu (27/8).

Pada sesi workshop tersebut, kata Wachid, juga ada pemaparan mengenai hasil Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Prodi PSTI dengan topik “Realitas Penyimpangan Sosial (Studi Kasus: Child Sexual Exploitation and Grooming)”.

“Karenanya, kami juga mengundang guru yang tergabung dalam Forum Komunikasi Sekolah Dasar Swasta (Fokusdas) dan guru SD lainnya dari berbagai wilayah Purwakarta,” ujar Wachid.

Total, sambungnya, workshop tersebut diikuti 60 peserta yang terdiri 30 guru TKJ SMK dan 30 guru SD. “Ini juga menandakan jika antusias para peserta sangat tinggi untuk mengikuti workshop tersebut,” ucapnya.

Dijelaskan Wachid, belum semua peserta mengetahui terkait Microlearning juga cara mengiplementasikannya di lapangan.

“Harapannya, peserta bisa menerapkan pembelajaran berbasis teknologi untuk Microlearning. Juga bisa mengaplikasikan MicroTik di kelas,” katanya.

Disebutkan Wachid, usai workshop ini akan ada pengembangan lebih lanjut yang bisa diterapkan guru kepada siswa. “Kami siap memfasilitasi di masing-masing sekolah,” ujarnya.

Baca Juga:Ulang Tahun ke-39 Luna Maya Dapet Kado Spesial dari Herjunot AliTandang Hari Ini, Akankah Persib Bandung Tumbangkan PSM Makasar?

Untuk diketahui, workshop ini dibagi ke dalam beberapa sesi dengan materi yang berbeda. Di antaranya, Akselerasi Transformasi Digital dalam Bidang Pendidikan di Indonesia. Pematerinya Rian Andrian, M.T., yang merupakan Dosen PSTI.

Adapula penyampaian tentang aplikasi Canva dengan pemateri Agit Wisnu Hartono yang merupakan CEO PT. Fakta Kreasi Media dan Dian Permata Sari, M.Kom.(add/sep)

0 Komentar