Belajar Keanekaragaman Hayati dan Lingkungan di Taman Kehati Aqua Subang

Belajar Keanekaragaman Hayati dan Lingkungan di Taman Kehati Aqua Subang
Belajar Keanekaragaman Hayati dan Lingkungan di Taman Kehati Aqua Subang
0 Komentar

SUBANG-Pendidikan lingkungan hidup, merupakan suatu upaya untuk merubah pola fikir dan pandangan manusia mengenai lingkungan, dengan harapan manusia lebih mencintai lingkungannya.

Pendidikan lingkungan hidup diharapkan dapat lebih membentuk manusia yang memiliki perilaku bertanggungjawab dalam berinteraksi dengan lingkungan hidup.

Taman Kehati PT Tirta Investama Pabrik Aqua Subang, merupakan tempat ruang terbuka hijau yang memiliki fungsi sebagai tempat perlindungan flora dan fauna, tempat belajar mengenai pemberdayaan masyarakat dan sebagai tempat untuk belajar mengenal lingkungan dan keanekaragamannya.

Baca Juga:Cara Melamar Janda dalam Islam, Hindari Waktu Terlarang Ini!Catatan Harian Dahlan Iskan: Curi Sambo

Pada bulan Agustus SMP N I Cisalak, MTS Nurul Huda, MTSN 3 Subang, SMP Islam Bina Bangsa, dan SMP Arafah melakukan kunjungan ke Taman Kehati.

Dibangun pada tahun 2016 di lahan milik pabrik seluas 5,8 hektar, Taman Kehati PT Tirta Investama Subang memiliki flora langka yang dilindungi.

“Antara lain Bisbul, Resak, Saninten, Meranti, Sonokeling, dan lainnya” ungkap Rany Juliani selaku Koordinator CSR pada para peserta kunjungan.

Selain tanaman langka, Taman Kehati PT Tirta Investama Pabrik Subang juga memiliki beberapa fasilitas.

“Antara lain pendopo sebagai learning center, lahan palawija organic, kebun bunga xanthostemon, rumah composting, saung hejo untuk pembibitan tanaman, budidaya madu jenis trogona dan avis cerana, dan rumah sumber sebagai tempat edukasi tentang sumber air Aqua,” tambah Rani.

Dijelaskan lebih detail oleh Sidik dari Yayasan Javlec, sampai dengan tahun 2022 Taman Kehati PT Tirta Investama Aqua Subang telah memiliki 74 jenis tanaman dengan indeks keanekaragaman tanaman sebesar 3,7.

Keanekaragaman jenis tanaman di Taman Kehati cukup tinggi, dan indeks kemerataan tanaman sebesar 0,83.

Baca Juga:Apa Itu Smatphone Pinky? Sindrome Akibat Kita Sering Chatting, Begini DampaknyaResmi Meluncur dengan Spek Gahar, Inilah Infinix Hot 12 Pro Harga dan Spesifikasi

“Artinya, tingkat kemerataan (sebaran) tanaman juga cukup tinggi. Selain itu untuk mengetahui kondisi tanaman kita tinggal update di aplikasi Jejak.In dan pada setiap tanaman sudah ada barcode yang menjelaskan tentang data detail jenis tanaman,” ungkapnya.

Kepala Pabrik PT Tirta Investama Subang, Dwi Novriyadi mengatakan, dalam kegiatan operasionalnya Aqua memiliki komitmen ganda untuk menjaga keseimbangan keberlanjutan bisnis dan perkembangan lingkungan social masyarakat. Pentingnya konservasi lingkungan yang dimulai sejak usia dini.

“Dari sekitar lingkungan masing-masing, setidaknya di lingkungan sekolah dan kegiatan informal lain, juga mengajarkan kepada anak-anak pentingnya menjaga lingkungan. Kemudian aktivitas yang harus dilakukan dalam rangka perbaikan lingkungan,” katanya.

0 Komentar