Berapa Jam Sekali Ganti Popok Bayi? Perhatikan Ini Agar Tidak Ada Ruam pada Kulit Bayi

Berapa Jam Sekali Ganti Popok Bayi? Perhatikan Ini Agar Tidak Ada Ruam pada Kulit Bayi (ilustrasi popok bayi, Ignacio Campo-Unsplash)
Berapa Jam Sekali Ganti Popok Bayi? Perhatikan Ini Agar Tidak Ada Ruam pada Kulit Bayi (ilustrasi popok bayi, Ignacio Campo-Unsplash)
0 Komentar

PARENTINGBerapa Jam Sekali Ganti Popok Bayi? Perhatikan Ini Agar Tidak Ada Ruam pada Kulit Bayi. Mengganti popok bayi memang menjadi pertanyaan tersendiri bagi Orang tua terutama Ibu.

Hal itu lantaran kulit bayi masih sensitif, sehingga harus teratur mengganti popok bayi, meski orang tua kadangkala merasa popok bayi belum saatnya diganti lantaran belum lama mengganti popok, bayi sudah pipis atau pub yang banyak

Oleh sebab itu, untuk pertanyaan tentang Berapa Jam Sekali Ganti Popok Bayi? Maka untuk Orang tua dianjurkan untuk mengganti popok bayi paling tidak 4 jam sekali untuk mencegah timbulnya persoalan kulit seperti ruam pada bayi.

Baca Juga:Ridwan Kamil Dorong Kampus di Jawa Barat untuk Membuka Fakultas KedokteranBelajar Keanekaragaman Hayati dan Lingkungan di Taman Kehati Aqua Subang

“Ibu, orang tua, caregiver mengganti popok anak sebelum menjadi terlalu lembap,” jelas Dokter Spesialis Anak Citra, SpA, IBCLC, Mkes, Selasa (23/8/2022).

Dokter Citra memaparkan bahwa kulit bayi 30 persen lebih lembut jika dibandingkan kulit orang dewasa, hal itu yang menjadikan kulit bayi rentan mengalami diaper dermatitis atau ruam popok.

Berapa Jam Sekali Ganti Popok Bayi? Perhatikan Ini Agar Tidak Ada Ruam pada Kulit Bayi

Seperti dirangkup dari Mayo Clinic via Antara dan Genpi.co, ruam popok tersebut seperti kulit bayi yang teriritasi (dermatitis) dan terdapat seperti bercak kulit meradang di area pantat bayi.

Kondisi tersebut selain diakibatkan dari popok basah atau jarang diganti, bisa juga akibat sensitivitas kulit, dan gesekan pada kulit bayi.

Ruam popok pada umumnya hilang dengan perawatan sederhana dan teratur di rumah, misalnya mengganti popok minimal 4 Jam sekali atau sesuai kondisi, dan juga memakai salep ruam yang dianjurkan dokter.

Seperti diketahui, Ruam popok pada umumnya timbul pada wilayah bokong bayi, paha dan area organ vital bayi. Kondisi tersebut pada bayi ditunjukkan dengan adanya rasa gatal, rewel atau menangis terlebih lagi pada waktu mengganti popok serta memberikannya pelembap di wilayah yang tertutup oleh popok bayi

0 Komentar