Patimban Jadi Pelabuhan Singgah Tol Laut, Jalur Perdagangan Baru di Jawa Barat

Patimban Jadi Pelabuhan Singgah Tol Laut, Jalur Perdagangan Baru di Jawa Barat
PERDANA: KSOP Pelabuhan Patimban saat melepas perdana KM Logistik Nusantara 4 yang melayani Tol Laut Trayek T3 di Pelabuhan Patimban, Kamis (14/9).
0 Komentar

SUBANG – Pelabuhan Patimban yang berada di Desa Patimban Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang kini resmi menjadi Pelabuhan singgah Tol Laut Trayek T-3 dengan ditandai seremonial pelepasan perdana Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4, di Dermaga Pelabuhan Patimban, Selasa (14/9).

Untuk pelayanan tol laut perdana KM Logistik Nusantara 4 tiba di Pelabuhan Patimban pada hari Rabu (13/9) dan di berangkatkan kembali pada hari Kamis (14/9) jam 17.00.

Direktur Jendral Perhubungan Laut Arif Toha mengatakan, dengan dijadikanya Pelabuhan Patimban sebagai Pelabuhan singgah trayek T-3 maka diharapkan akan terciptanya jalur perdagangan baru dari dan menuju wilayah Propinsi Jawa Barat.

Baca Juga:Panasbang, Kuliner Khas Subang Berawal dari Hobi Menjadi UsahaCocok untuk Bekal Ke Kantor, Begini Resep Manisan Jeruk Mangga yang Menyegarkan

“Sehingga hasil bumi maupun produk produk daerah lainnya bisa didistribusikan keluar daerah yang membutuhkan, begitu pun sebaliknya kebutuhan pokok daerah Propinsi Jawa Barat diharapkan juga dapat terpenuhi,” ujar Arif Toha, kamis (14/9).

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt Hendi Ginting mengungkapkan, Pelabuhan Patimban menjadi Pelabuhan singgah dari trayek T-3 dari rute yang berpangkalan di Tanjung Priok-Kijang-Lentung-Tarempa-Pulow Laut-Selat Lampa-Subi-Serasan-Midai-Kijang-Patimban dan kembali lagi ke Tanjung Priok.

Trayek tersebut dilayani oleh Kapal KM Logistik Nusantara 4 dengan kapasitas daya angkut 115 teus, dengan waktu tempuh tiga minggu, ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Patimban Yan Prastomo Ardi mengatakan, pada pelayanan perdana ini KM Logistik Nusantara 4 ini mengangkut sebanyak lima kontainer dari Pelabuhan Patimban untuk di angkut ke daerah 3TP di wilayah Kepri dan Natuna.

Lebih lanjut Kepala Kantor KSOP Patimban mengatakan, ini merupakan pelayanan pertama, ke depannya Tol Laut akan mengangkut komoditi yang lainnya seperti minyak goreng maupun hasil pertanian dan holtikultura daerah Subang dan diharapkan menjadi muatan rutin Tol Laut dari Patimban.

PLT Dirjen Perdagangan dalam Negeri Syailendra dalam sambutanya mengapresiasi program Tol Laut yang kini hadir di Pelabuhan Patimban dia berharap hal ini dapat memberi kontribusi dalam diatribusi logistik terutama ke wilayah 3TP sehingga bisa menekan disparitas harga.

Selain itu Kemendag mendukung Pelabuhan Patimban sebagai Pelabuhan singgah Tol Laut.

0 Komentar