Aktivis Apresiasi Keterbukaan Informasi Rekrutmen Panwaslu Kecamatan oleh BAWASLU Subang

Aktivis Apresiasi Keterbukaan Informasi Rekrutmen Panwaslu Kecamatan oleh BAWASLU Subang
0 Komentar

SUBANG – Proses rekrutmen calon pengawas pemilihan umum tingkat kecamatan telah dibuka oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Subang melalui pengumuman-pengumuman baik di media sosial, media cetak maupun website Bawaslu itu sendiri, dan bukan hanya itu, beberapa waktu yang lalu, Bawaslu Subang juga telah melaksanakan MoU dengan beberapa komunitas, baik Organisasi Kepemudaan maupun media massa, hal ini tentu mendapat perhatian dari beberapa pengamat maupun Lembaga pemantau pemilu, seperti Lembaga Pemantau Pemilu Democracy and Electoral Empowerment Patrtnership (DEEP) Kabupaten Subang.

DEEP Subang menilai proses yang dilakukan oleh Bawaslu sudah memenuhi unsur Keterbukaan Informasi Publik msupun kewajiban sebagai salah satu azas penyelenggara pemilu, pasalnya Pembentukan Panwaslu kecamatan stercantum dalam Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Republik Indonesia No. 19 Tahun 2017 sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum No. 8 Tahun 2019 atas kewenangan yang diberikan oleh Undang-Undang No. 7 Tahun 2017.

“keterbukaan informasi bawaslu subang sudah baik dalam hal rekrutmen panwas kecamatan, kami sangat mengapresiasi,” ungkap Iwan Darmawan, Anggota divisi Hukum dan Advokasi DEEP Subang. Jum’at, 16/09/2022

Baca Juga:Harga Sayuran Merangkak Naik, Bulog: Belum Ada Kenaikan Harga BerasHarga Sayuran Merangkak Naik, Bulog: Belum Ada Kenaikan Harga Beras

Seperti diketahui bersama bahwa beberapa waktu yang lalu Bawaslu Subang telah melakukan langkah-langkah kerjasama dengan beberapa Organisasi Kepemudaaan dan Media Massa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Hal ini juga mendapat apresiasi dari Organisasi Otonom Muhammadiyah, salah satunya Tapak Suci Putra Muhammadiyah.

Ditempat yang sama, Ketua I Pimpinan Daerah Tapak Suci Putra Muhammadiyah Kabupaten Subang juga mengapresiasi proses penyampaian informasi dan Langkah yang telah dilakukan oleh Bawaslu subang dalam menjaring partisipasi masyarakat, demi menyongsong pemilu tahun 2024 kedepan.

“Apresiasi langkah Bawaslu yang telah melakukan kerjasama dengan beberapa OKP dan media dalam hal meningkatkan partisipasi masyarakat,.” Ujar Hari Wachyudi, S.IP, P.MA, Ketua I Tapak Suci Putra Muhammadiyah Subang.

0 Komentar