Gerakan World Cleanup Day di Subang Diisi Bersih-bersih Bahu Jalan dan Penanaman Pohon 

Gerakan World Cleanup Day di Subang Diisi Bersih-bersih Bahu Jalan dan Penanaman Pohon 
0 Komentar

SUBANG-Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Lingkungan (FKMPL) Purwadadi melakukan gerakan World Cleanup Day (WDC) Sabtu (17/9). Kegiatan ini berkolaborasi dengan masyarakat sadar lingkungan, pemerintah Kecamatan Purwadadi, perusahaan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang.

Gerakan WDC ini diisi dengan kegiatan membersihkan lingkungan di bahu jalan. Juga penanaman 3.000 pohon di kiri dan kanan jalan menuju arah Dusun Waladin, yang merupakan akses dari bumi perkemahan Kecamatan Purwadadi.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Subang, H Hidayat dan dilanjutkan dengan penanaman pohon.

Baca Juga:98 Mahasiswa POLSUB Diwisuda Hari Ini, 30 Wisudawan Berhasil Raih CumlaudeGubernur Jabar Ridwan Kamil Ingatkan Masyarakat Antisipasi Cuaca Buruk

Dia mengatakan, gotong royong dalam kebersihan lingkungan harus menjadi kegiatan rutin.

“Kami berterimakasih kasih kepada pemerintah kecamatan, FKMPL, purwadadi dan semua unsur seperti tokoh pemuda, LSM dan ormas juga dunia usaha yang secara sadar melakukan kegiatan kebersihan lingkungan dan penanaman pohon,” ungkap H Hidayat.

Dia mengajak, untuk mengelola sampah dengan bijak, melalui bank sampah dan budidaya maghot bsf juga tetap melakukan pelestarian alam.

“Pemberdayaan masyarakat dan kepemimpinan kolaboratif menjadi kunci dalam pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Subang,” ujarnya.

Menurutnya, beberapa ormas dan pegiat lingkungan yang tegabung dalam FKMPL Purwadadi dan massal Kabupaten Subang diharapkan mengadakan acara seperti ini secara rutin.

“Pemkab subang dalam hal ini DLH akan terus mensupport kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Hidayat menyampaikan, masyarakat di pedesaan perlu dimotivasi oleh kades dan camat dalam pengelolaan sampah. Mereka harus bisa merubah mind set masyarakat yang tadinya membuang sampah sembarangan, sekarang dikelola sehingga menjadi berkah.

Baca Juga:Duta Besar Denmark Terkesan dengan Kinerja Pelabuhan PatimbanMenhub Tawarkan Kerjasama Pelabuhan Patimban ke Pengusaha Denmark, Dubes Lars Bo Larsen Sambut Baik

Sementara itu bertepatan dengan peringatan gerakan WDC ini, DLH Subang merevitalsasi  TPS terminal di Kelurahan Sukamelang. Termasuk siswa-siswi  SMKN 2 Subang melakukan penimbangan sampah plastik ke bank sampah unit sekolah.(ysp)

 

0 Komentar