Alun-alun Subang Bakal Direvitalisasi Seperti Gasibu

Alun-alun Subang Bakal Direvitalisasi Seperti Gasibu
0 Komentar

SUBANG-Alun-alun Subang kembali akan direvitalisasi. Kepala BP4D Subang Hari Rubiyanto membeberkan rencana revitalisasi alun-alun tersebut pada awak media.

Hari menyebut, ada lima poin penting terkait kegiatan revitalisasi. Pertama kegiatan revitalisasi Alun-alun Subang menggunakan dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kedua, ini yang paling penting, revitalisasi tidak mengubah design Tugu Benteng Pancasila, namun lebih dirapihkan, kelestarian tetap dijaga.

Ketiga program ini termasuk program strategis Pa Gubernur, untuk menyediakan tempat yang representatif bagi masyarakat Subang untuk healing,” tambahnya. Keempat, penataan meliputi tempat upacara, tempat olahraga, jogging track, tempat UMKM, dan parkir, serta pembangunan beberapa taman di Alun-alun Subang.

Baca Juga:ParasitePelaku Anak Gorok Ibu Kandung di Purwakarta Diduga Gangguan Jiwa, Ini Kesaksian Tetanggga

“Terakhir kita sangat berharap dukungan dari seluruh warga subang, agar Alun-alun Subang dapat menjadi salah satu kebanggaan bagi masyarakat,” tambahnya lagi.

Menurut Hari, revitalisasi alun-alun ini adalah yang kedua kalinya. Pada revitalisasi tahap pertama dilakukan di era Bupati Imas Aryumningsih. Namun demikian pada tahap kedua ini, Hari belum memastikan progres pembangunan dimulai

“Kalau anggaran saya belum dapat, karena kan masih di provinsi dan belum ditetapkan. Tapi revitalisasi ini, konsepnya kurang lebih seperti Gasibu,” imbuhnya.

Warga Sambut Baik Revitalisasi

Pada kesempatan yang lain, masyarakat Subang menyambut positif dengan wacana akan kembali direvitalisasinya alun-alun Subang. Salah satu sambutan positif tersebut datang dari Deni Nugraha (29) warga Pasirkareumbi.

Menurutnya, Alun-alun Subang sebagai wajah Kabupaten Subang sudah semestinya direvitalisasi. Sebab, penataannya sudah tidak memadai, terlebih jika akhir pekan, semrawutnya sudah keterlaluan.

“Sebetulnya yang lebih penting adalah perawatnnya. Jangan sampai setelah direvitalisasi malah tidak dirawat,” katanya.

Penataan pedagang kaki lima juga sudah harus dipikirkan. Seperti sekarang saja, Alun-alun Subang menjadi salah satu lokasi favorit warga Subang untuk menghabiskan waktu santai, baik untuk sekedar jajan atau olahraga.

Baca Juga:Petani Milenial Mampu Produksi Beras OrganikAkibat Cuaca Ekstrem, Tiap Hari 25 Orang Keluhkan ISPA dan Diare

“Itu berarti kan harus ditata dengan serius. Penempatan selfie misal dimana? pedagang atau UMKM dimana? biar rapih lah gitu,” imbuhnya.

Senada dengan Deni, Warga yang lain, Ilham juga mendukung dengan upaya atau rencana revitalisasi Alun-alun Subang. Dia berharap, alun-alun yang memiliki bangunan tugu yang ikonik, yakni Tugu Benteng Pancasila, bisa dipertegas lagi.

0 Komentar