Pengabdian pada Masyarakat Prodi D3 Keperawatan Polsub Gelar Intervensi Terapi Kognitif Spiritual untuk Lansia

Pengabdian pada Masyarakat Prodi D3 Keperawatan Polsub Gelar Intervensi Terapi Kognitif Spiritual untuk Lansia
0 Komentar

SUBANG – Upaya peningkatan Quality of Life terus dilakukan dan ditingkatkan oleh Politeknik Negeri Subang.

Dalam kesempatan ini, tim Pengabdian Masyarakat Program Studi D3 Keperawatan dengan didukung dana dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Politeknik Negeri Subang, melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Cikalapa (19/9).

Kegiatan tersebut digelar untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan kesiapan dalam penerimaan diri pada pasien Hipertensi, khususnya bagi para lansia.

Baca Juga:Jurnalis Pokja Polres Subang dan Polsek Cibogo Bagikan SembakoMenko Airlangga Bertemu UNIDO, Mendorong Peningkatan Kinerja Sektor Industri untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Dunia

Kegiatan yang diinisiatif oleh tim pengabdian masyarakat Program Studi D3 Keperawatan mengusung tema “Intervensi Kognitif Spiritual (Murrotal Ar-Rahman) untuk meningkatkan penerimaan diri pasien Hipertensi” dan dilaksanakan dengan melibatkan warga kelurahan Pasir Kareumbi Kecamatan Subang.”

Lansia menjadi sasaran yang tepat untuk pelaksanaan program ini. Dikarenakan Hipertensi banyak terjadi pada lansia, berkenaan dengan proses degenerative,” ujar Ketua TIM Wardah Fauziah.

Pada kegiatan tersebut, tidak hanya dilakukan intervensi kognitif spiritual tetapi juga dilakukan pemaparan materi mengenai penyakit Hipertensi seperti klasifikasi hipertensi, penyebab, dan pencegahan penyakit Hipertensi.

Antusiasme masyarakat pun terkihat selama mengikuti kegiatan penyuluhan. Hal ini ditandai banyak masyarakat yang larut dalam perasaannya.

“Tidak sedikit pula yang menitikan air mata dan bersyukur bisa mengikuti kegiatan terapi tersebut,” tambah Wardah.

Intervensi kognitif spiritual dinilai efektif untuk memberikan edukasi mengenai penerimaan diri pasien Hipertensi, oleh karena ini Program studi Keperawatan Politeknik Negeri Subang bekerja sama dengan Puskesmas Cikalapa untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan tujuan memberikan intervensi kognitif spiritual untuk meningkatkan penerimaan diri pasien.

Baca Juga:BRI Kantor Cabang Subang Serahkan CSR ke Kemenag 1 Unit Mobil AmbulanceKunjungi Kantor DPC PDIP Subang, Puan Maharani: Jawa Barat Harus Kembali Jadi Kandang Banteng

“Hasil evaluasi menunjukan respon yang positif dari masyarakat mengenai pelaksanaan intervensi yang dilakukan, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi,” harap Ketua Prodi D3 Keperawatan, Ade Nuraeni.

 

0 Komentar