Beri Pujian untuk Gubernur Jabar, Prabowo Lirik Ridwan Kamil jadi Cawapres

Beri Pujian untuk Gubernur Jabar, Prabowo Lirik Ridwan Kamil jadi Cawapres (Foto: Humas Pemprov Jabar)
Beri Pujian untuk Gubernur Jabar, Prabowo Lirik Ridwan Kamil jadi Cawapres (Foto: Humas Pemprov Jabar)
0 Komentar

ELEKTABILITAS Ridwan Kamil menyongsong kontestasi Pilpres 2024 mendatang jadi perhatian banyak pihak. Tak terkecuali Menteri Pertahanan RI yang juga Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Di sejumlah survei, nama Ridwan Kamil memang konsisten di papan atas. Bersaing ketat dengan tokoh nasional, baik sesama kepala daerah atau menteri pemerintahan Presiden Jokowi. Termasuk membayangi Prabowo di bursa capres.

Melihat dinamika politik demikian, saat berkesempatan hadir bersama Ridwan Kamil di acara Muktamar Persis di Kabupaten Bandung, Sabtu (24/9), Prabowo tak sungkan memuji sosok Kang Emil.

Baca Juga:Rahasia dan Cara Membuat Google Form Gratis di Hp dan Laptop, Banyak yang Belum TahuPrabowo Perhitungkan Ridwan Kamil Sebagai Cawapres

“Luar biasa apa yang disampaikan Gubernur Jawa Barat tentang pentingnya persatuan masyarakat Indonesia tadi. Saya lihat Pak Ridwan Kamil ini sudah mulai harus diperhitungkan,” katanya disambut riuh hadirin.

Prabowo mengungkapkan kedatangannya di Muktamar Persis merupakan perintah langsung dari Presiden Jokowi. “Sebuah kehormatan besar bisa menghadiri muktamar ini. Tadi saya mendengar pidato pak Gubernur dan pak Ketum (Persis), dua-duanya luar biasa,” puji purnawirawan letnan jenderal TNI tersebut.

Terpisah, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, pujian Prabowo atas Ridwan Kamil adalah sinyal pihaknya melirik Ridwan Kamil sebagai pendamping di 2024. Sebab, elektabilitas Ridwan Kamil selama ini cukup diperhitungkan.

“Sangat jelas Prabowo sedang menimbang Ridwan Kamil jadi cawapres. Pernyataan itu tentu tak lepas dari posisi RK sebagai gubernur yang saat ini punya elektabilitas lumayan diperhitungkan,” kata Adi kepada wartawan, Minggu (25/9).

Melihat dua hasil survei terbaru dari Poltracking dan Charta Politika, masing-masing akhir Agustus dan pertengahan September 2022, nama Ridwan Kamil memang masuk jajaran elit tokoh politik nasional yang memiliki kans besar menduduki posisi RI 1 maupun RI 2.

Pada survei Poltracking yang dirilis 31 Agustus 2022, Ridwan Kamil menduduki posisi teratas sebagai capres. Elektabilitas Gubernur Jawa Barat itu mengungguli Erick Thohir, Sandiaga Uno, Puan Maharani, dan Khofifah Indar Parawansa.

Sementara sebagai cawapres, nama Ridwan Kamil adalah jawaranya. Meraih 12,6 persen, Kang Emil kandidat terkuat RI 2 mengalahkan Sandiaga Uno (11,9%) Agus Harimurti Yudhoyono (11,7%) dan Erick Thohir (10,8%).

Baca Juga:HongHandWood Subang Manfaatkan Limbah Kayu Bernilai EkonomisPT. MGM Berkomitmen Lakukan Kegiatan Sosial, Salurkan 1000 Liter Minyak Goreng di Kota Cimahi

Sementara dalam survei Charta Politika yang dirilis 22 September 2022, elektabilitas Ridwan Kamil terhitung cukup baik. Menempel ketat nama-nama seperti Ganjar Pranowo, Prabowo dan Anies Baswedan.

0 Komentar