Tingkatkan Kapasitas 110 Kader Posyandu Kecamatan Pagaden Barat Dilatih Pengetahuan Kesehatan Ibu dan Anak serta Stunting

Tingkatkan Kapasitas 110 Kader Posyandu Kecamatan Pagaden Barat Dilatih Pengetahuan Kesehatan Ibu dan Anak serta Stunting
0 Komentar

PAGADEN BARAT-Keberadaan dan tugas Kader Posyandu tidak boleh dipandang sebelah mata. Mengapa, karena mereka Kader Posyandu adalah ujung tombak pengendalian kesehatan bumil (ibu hamil) dan anak balita di Posyandu nya masing masing.

Mengingat pentingnya peran Kader Posyandu, maka Forum Pos KB Kecamatan Pagaden Barat menyelenggarakan pelatihan dan peningkatan kapasitas kader posyandu seKecamatan Pagaden Barat, yang berlangsung di aula Kecamatan, Senin (26/9).

Menurut Ketua Forum Pos KB Kecamatab Pagaden Barat Ruswati, Pos KB sebagai penmbina para kader posyandu yang berada di tingkat desa, dengan ini mengadakan pelatihan kapasitas kader posyandu, yang diikuti 110 kader perwakilan dari 55 Posyandu, satu posyandu 2 orang tersebar di 9 desa seKecamatan Pagaden Barat.

Baca Juga:Nikita Mirzani Sindir Najwa Shihab, Warganet: Tong Kosong Nyaring BunyinyaPelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-Yong Ajukan Calon Pemain Naturalisasi, Ini Respon PSSI

Pelatihan tersebut juga bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan kesehatan secara umum, khususnya kesehatan ibu dan anak balita. Dimana secara berkala mereka dtimbang dan dikontrol pertumbuhannya.

“Sebagai kader posyandu, tentu harus paham kesehatan dan perkembangan bayi hingga usia lima tahun (balita),” katanya.

Materi yang disampaikan diantaranya yaitu Pengetahuan tentang Gizi dan kesehatan, tugas tugas di posyandu serta penanganan stunting.

Nara sumber pelatihan dari PPJ pendamping posyandu juara, UPTD Penyuluh KB dan tenaga medis Puskesmas.

Jumlah total kader posyandu, Satu posyandu ada 5 orang plus satu orang konseling jadi satu posyandu ada 6 orang dikalikan 55 Posyandu, jumlah total 330 kader posyandu. Dan mereka secara bergilir mengikuti pelatihan pelatihan yang diselenggarakan dinas tetkait.

Dengan pelatihan ini, katanya lagi, diharapkan kader posyandu lebih terampil dan tangkas dalam pengendalian dan penanganan kesehatan ibu dan anak, sehingga semuanya terdeteksi secara dini.

Cucu Kader Posyandu Mekarsari 1 Desa Munjul merasa senang dengan adanya pelatihan ini, pengetahuan dan wawasan terkait kesehatan ibu dan anak semakin bertambah.(dan)

0 Komentar