Kaya Akan Budaya, Mengenal Lebih Dekat 6 Tarian Khas Jawa Barat

koe artinya
Kaya Akan Budaya, Mengenal Lebih Dekat 6 Tarian Khas Jawa Barat. Foto : ig @padepokansekarpanggung
0 Komentar

Seni Budaya – Jawa barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak kebudayaan dan keseniannya. Jawa Barat terkenal dengan banyak tarian khas nya, tarian tradisional khas jawa barat ini memiliki keunikan tersendiri.

Kesenian tradisional khas jawa barat mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia.

Ada banyak kesenian di daerah jawa barat, mulai dari tarian daerah, alat musik daerah, dan lagu daerah.

Baca Juga:Wajib Dicoba! 11 Makanan Tradisional Khas Jawa Barat yang Unik dan EnakKajari Sebut Kasus Pokir Selesai, Lengkapi Berkas, Siap Sampaikan Hasil

Apa saja tarian tradisional khas jawa barat? Berikut tarian tradisional jawa barat yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia.

Kaya Akan Budaya, Mengenal Lebih Dekat 6 Tarian Khas Jawa Barat

  1. Tari jaipong

Siapa yang tidak tahu tarian jaipong? Tari jaipong merupakan salah satu kesenian tradisional khas jawa barat, tari jaipong biasanya dilakukan ketika berkenaan dengan tamu penting dari daerah atau negara asing yang berkunjung ke daerah jawa barat, dan para tamu itu pun disambut dengan tarian jaipongan.

  1. Tari sintren

Tari sintren adalah tarian tradisional khas jawa barat yang memiliki keunikan, nama sintren merupakan gabungan dari kata si dan tren yang mana dalam Bahasa jawa memiliki arti si merupakan panggilan yang memiliki arti dia, dan kata tren merupakan kata dari tri atau putri. Dan sintren pun memiliki arti yaitu si putri atau sang penari.

Tari sintren memiliki unsur magis dalam pentasannya, tari sintren ini tidak boleh dimainkan hanya untuk sebatas mainan, tetapi harus dilakukan dalamrangka adat yang baku.

Di pementasannya, tari sintren dibawakan oleh penari dengan berpakaian khusus dan memiliki ciri khas menggunakan kacamata hitam.

  1. Tari topeng

Tari topeng merupakan tarian tradisional khas jawa barat yang memiliki keunikan, tarian ini dimainkan dengan menggunakan topeng untuk menutupi wajah si penari.

Topeng yang digunakan para penari pun mempunyai karakteristiknya sendiri. Hal itulah yang menambah keunikan dan budaya tari yang berada di jawa barat dan juga Indonesia.

Baca Juga:Dosen Unsika Sosialisasikan Pemasaran Melalui DigitalPemerintah Ganti TV Analog dengan Digital, Masyarakat: Siarannya Lebih Jernih

  1. Tari ketuk tilu

Tari ketuk tilu merupakan salah satu tarian tradisional yang masih ada sampai saat ini, tari ketuk tilu bisa kita liat ketika ada upacara khas orang sunda, seperti pernikahan, khitanan, dan pagelaran masyarakat jawa barat lainnya.

0 Komentar