Wajib Dicoba! 11 Makanan Tradisional Khas Jawa Barat yang Unik dan Enak

Wajib Dicoba! 11 Makanan Tradisional Khas Jawa Barat yang Unik dan Enak
Wajib Dicoba! 11 Makanan Tradisional Khas Jawa Barat yang Unik dan Enak
0 Komentar

  • Singkong
  • Air
  • Ragi
  1. Colenak

Colenak merupakan makanan khas jawa barat yang memiliki nama yang sangat unik, selain combro dan misro, colenak merupakan singkatan dari “ di cocol enak “.

Colenak adalah makanan yang terbuat dari tape atau peuyeum yang dibakar diatas arang, diberi gula merah yang sudah cair sebagai cocolan, dan colenak ditaburi parutan kelapa supaya memberi tekstur dan rasa yang gurih.

  1. Wajit

Makanan tradisional yang berasal daeri jawa barat selanjutnya yaitu wajit, cara pembuatan wajit hampir sama dengan cara pembuatan dodol garut, Perbedaannya hanya terletak pada bahan dasarnya.

Baca Juga:Kajari Sebut Kasus Pokir Selesai, Lengkapi Berkas, Siap Sampaikan HasilDosen Unsika Sosialisasikan Pemasaran Melalui Digital

Wajit memiliki bahan utama yaitu beras ketan, sedangkan dodol garut menggunakan tepung ketan sebagai bahan utama. Bahan bahan utama membuat wajit yaitu beras ketan, gula merah, dan kelapa.

  1. Tahu gejrot

Makanan terakhir yaitu tahu gejrot yang merupakan makanan tradisional khas jawa barat yang memiliki rasa asam, manis, pedas. Tahu genjot terbuat dari bahan tahu dan bahan lainnya.

Tahu gejrot terdiri atas tahu yang sudah digoreng lalu di iris menajdi agak kecil, lalu dimasukan kedalam kuah yang diberi berbahan cabe, bawang putih, bawang merah, gula merah yang sudah dicairkan, dan petis.

Diatas adalah makanan tradisional khas jawa barat yang bisa di coba jika berkunjung ke daerah jawa barat atau ditemui di tempat lain. Selamat mencoba. (brl/yni)

 

0 Komentar