Wajib Dicoba! 11 Makanan Tradisional Khas Jawa Barat yang Unik dan Enak

Wajib Dicoba! 11 Makanan Tradisional Khas Jawa Barat yang Unik dan Enak
Wajib Dicoba! 11 Makanan Tradisional Khas Jawa Barat yang Unik dan Enak
0 Komentar

  • Bumbu kacang
  • Kecap
  • Sambal atau saos
  • Perasan jeruk nipis
  1. Combro

Makanan khas jawa barat ini adalah makanan gorengan yang juga tidak kalah lezat, combro juga memiliki kepanjangan yaitu oncom di jero (oncom di dalam).

Terbuat dari parutan singkong yang berbentuk agak lonjong, berwarna coklat agak kekuningan, lalu diberi adonan sambal oncom dan sambal cabe kemudian digoreng.

  1. Misro

Makanan khas jawa barat ini memiliki kesamaan dengan combro, bedanya misro mempunyai cita rasa yang manis. Misro berbahan dasar bahan singkong yang di parut lalu dibentuk bulat dan di masukan gula merah lalu digoreng.

Baca Juga:Kajari Sebut Kasus Pokir Selesai, Lengkapi Berkas, Siap Sampaikan HasilDosen Unsika Sosialisasikan Pemasaran Melalui Digital

Misro sangat direkomendasikan bagi kamu penikmat cemilan manis. Namun seiring berkembangnya kebutuhan pasar, misro tidak hanya diisi oleh gula merah saja, tetapi sekarang misro bisa diisi oleh coklat dan juga matcha.

  1. Surabi

Surabi adalah makanan tradisional khas dari jawa barat. Jika di daerah luar jawa barat surabi bercita rasa manis, di jawa barat surabi memiliki rasa asin dan gurih.

Surabi dibuat dengan bahan baku utama nya yaitu tepung beras, santan, dan bahan pelengkap lainnya.

Surabi biasanya disajikan pada pagi hari dan dimasak menggunakan tungku tradisional sehingga menciptakan rasa yang sangat khas dan rasanya akan sulit ditemui di makanan lain.

Surabi juga bisa biasa dimasak dengan tambahan telur ayam yang sudah dikocok lalu campur ke dalam adonan yang akan dimasak atau sedang dimasak.

  1. Bandros

Bandros adalah salah satu makanan tradisional yang tidak kalah enak juga yang memiliki berbagai macam rasa. Bandros dibuat dari bahan utama yaitu tepung beras lalu dicampur santan dan parutan kelapa.

Setelah adonan jadi, kue bandros dimasak menggunakan cetakan khusus yang bentuk cetakannya mirip seperti kue pukis. Bandros memiliki rasa gurih, asin, dan juga manis.

Baca Juga:Pemerintah Ganti TV Analog dengan Digital, Masyarakat: Siarannya Lebih JernihKader Posyandu Ujung Tombak Pengendalian Kesehatan Ibu dan Anak

  1. Peuyeum

Peuyeum adalah makanan tradisional khas jawa barat yang sangat populer, peuyeum terbuat dari singkong yang telat difermentasi dan memiliki rasa yang sangat khas.

Cara membuat peuyeum ini sangat mudah, cukup menyiapkan bahan dasar seperti

0 Komentar