Kader Posyandu Ujung Tombak Pengendalian Kesehatan Ibu dan Anak

Kader Posyandu Ujung Tombak Pengendalian Kesehatan Ibu dan Anak
DADAN RAMDAN/ PASUNDAN EKSPRES PENINGKATAN KAPASITAS: Narasumber tenaga medis ahli gizi PKM Pagaden Barat saat memaparkan materi terkait gizi ibu hamil dan balita pada kegiatan pelatihan dan peningkatan kapasitas kader posyandu di aula Kecamatan Pagaden Barat, Senin (26/9).
0 Komentar

SUBANG – Keberadaan dan tugas Kader Posyandu tidak boleh dipandang sebelah mata. Mereka merupakan ujung tombak pengendalian kesehatan ibu hamil dan anak balita di Posyandunya masing masing.

Mengingat pentingnya peran Kader Posyandu, maka Forum Pos KB Kecamatan Pagaden Barat menyelenggarakan pelatihan dan peningkatan kapasitas kader posyandu se Kecamatan Pagaden Barat, yang berlangsung di aula Kecamatan, Senin (26/9).

Menurut Ketua Forum Pos KB Kecamatan Pagaden Barat Ruswati, Pos KB sebagai pembina para kader posyandu yang berada di tingkat desa mengadakan pelatihan kapasitas kader posyandu.

Baca Juga:Tips Atasi Rasa Jenuh Saat Jalani LDR dengan Kekasih, Mau Coba yang Mana?Tips Jalani Hubungan LDR dengan Pasangan Agar Tetap Akur dan Awet

Diikuti 110 kader perwakilan dari 55 posyandu, satu posyandu 2 orang tersebar di 9 desa seKecamatan Pagaden Barat.

Pelatihan tersebut juga bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan kesehatan secara umum, khususnya kesehatan ibu dan anak balita. Secara berkala mereka dtimbang dan dikontrol pertumbuhannya.

“Sebagai kader posyandu, tentu harus paham kesehatan dan perkembangan bayi hingga usia lima tahun (balita),” katanya.

Para kader posyandu mendapat pemahaman mengenai pengetahuan tentang gizi dan kesehatan, tugas tugas di posyandu serta penanganan stunting.

Nara sumber pelatihan dari PPJ pendamping posyandu juara, UPTD Penyuluh KB dan tenaga medis Puskesmas. Satu posyandu ada 5 orang kader ditambah satu orang konseling.

Jumlah total 330 kader posyandu tersebar di 55 posyandu. Mereka secara bergilir mengikuti pelatihan pelatihan yang diselenggarakan dinas tetkait.

Dengan pelatihan ini diharapkan kader posyandu lebih terampil dan tangkas dalam pengendalian dan penanganan kesehatan ibu dan anak, sehingga semuanya terdeteksi secara dini.

Baca Juga:Tips Mudah Pelihara Kesehatan Mental, Dijamin Hidup Lebih Tentram!Beragam Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan, Bisa untuk Diet?

Cucu Kader Posyandu Mekarsari 1 Desa Munjul merasa senang dengan adanya pelatihan ini, pengetahuan dan wawasan terkait kesehatan ibu dan anak semakin bertambah. (dan/ysp)

0 Komentar