KCIC Serahterimakan Jalan Cilegong-Cikaobandung

Editor:

PURWAKARTA-Perusahaan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melalui High Speed Railway Contractor Consortium (HSRCC), serahterimakan hasil perbaikan ruas Jalan Cilegong-Cikaobandung, Kecamatan Jatiluhur Purwakarta, Selasa (27/9).

Agenda tersebut digelar di halaman Kantor PKBL Perum Jasa Tirta II. Tampak hadir Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika didampingi Wakil Bupati Purwakarta Aming serta jajaran Forkopimda Purwakarta.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya, atas selesainya perbaikan ruas jalan Cilegong-Cikaobandung oleh PT. KCIC dan HSRCC.

Jenis penanganan perbaikan jalan tersebut, meliputi dua jenis perkerasan yaitu, pengerasan hotmix dengan panjang 3.192 meter dan lebar 5 meter dan pengerasan beton dengan panjang 272 meter dan lebar 5 meter.

“Total jalan yang diperbaiki sepanjang 3.464 meter dengan masa pemeliharaan selama 3 bulan,” kata Ambu Anne.

Menurut Ambu Anne, selesainya perbaikan Jalan Cilegong-Cikaobandung ini, diharapkan masyarakat pengguna jalan dan pelaku usaha dapat menjaga dengan cara penggunaan kendaraan yang tidak melebihi tonase kelas jalan kabupaten.

“Semoga dengan terselesainya perbaikan jalan ini dapat meningkatkan aktifitas menjadi lebih lancar. Terutama akses ke industri, pelaku usaha, dan masyarakat yang pada akhirnya dapat meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat di Kabupaten Purwakarta,” kata Ambu Anne.

PT KCIC hadir untuk mengembangkan infrastruktur transportasi massal perkeretaapian Tanah Air Indonesia dan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) Pemerintah Indonesia sesuai dengan Perpres Nomor 3 tahun 2016.

Kereta cepat Jakarta-Bandung memiliki panjang trase 142,3 kilometer yang terbentang dari Jakarta hingga Bandung, dan memiliki empat stasiun pemberhentian yaitu Halim, Karawang, Padalarang dan Tegalluar dan panjang trase kereta cepat Jakarta-Bandung yang melintas di Kabupaten Purwakarta sepanjang 23,4 kilometer dan salah satunya yang terdapat di Kecamatan Jatiluhur.

Pada proses kontruksi menggunakan ruas jalan kabupaten salah satunya jalan Cilegong-Cikaobandung sepanjang 3,6 kilometer. Jalan Kabupaten di desain hanya dapat memikul kendaraan yang memiliki muatan sumbu terpusat 8 ton, sedangkan kendaraan proyek memiliki beban lebih dari muatan sumbu terpusat yang didesain sehingga terjadinya kerusakan jalan di sekitar Jatiluhur.

Pada agenda tersebut, turut hadir Penjabat Sekda Kabupaten Purwakarta, Staf Ahli Bupati, Para Assda, Kepala Dinas PUTR, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Diskominfo, Kepala Satpol PP, Pimpinan KCIC dan HSRCC, Pimpinan PT. Indorama Tbk, Pimpinan PT. Wijaya Karya Tbk beserta seluruh stakeholder yang tergabung dalam pembangunan KCIC.

Selain itu tampak hadir juga Dirut PT. KCIC dan HSRCC, Dirut PJT II, Dirut PT. Indorama Polyester div, PT. Indosat Tbk, PT. Libolon fiber system beserta Pimpinan Perusahan yang ada di Wilayah Jatiluhur, Plt. Camat Jatiluhur, Camat Babakan Cikao, Camat Sukasari beserta Seluruh Camat di Kabupaten Purwakarta, Kepala Desa Se-Kecamatan Jatiluhur, Kepala Perangkat Daerah beserta seluruh stakeholder.(mas/vry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *