Inilah Potensi Pariwisata di Jalancagak, Camat Dorong Program Mandiri

Inilah Potensi Pariwisata di Jalancagak, Camat Dorong Program Mandiri
0 Komentar

JALANCAGAK – Camat Jalan Cagak Aris Setiawan berbicara terkait potensi destinasi wisata di wilayahnya. Selain dikenal dengan perkebunan nanas dan teh, kecamatan Jalancagak juga dikenal memiliki udara yang cukup segar.

“Cukup banyak calon-calon daerah atau tempat yang berpotensi untuk dijadikan tempat destinasi wisata, daerah Jalancagak itu memiliki suhu dan tingkat nyaman umumnya, luar biasa nyaman,” kata Aris Setiawan.

“Baik dari sumber daya alam terkait mata air yang menunjukan bahwa jalancagak itu segar, bersih itu banyak sumber-sumber air yang bisa dijadikan destinasi wisata,” tambahnya.

Baca Juga:Dukung Program Zero Stunting, Pemcam Jalancagak dan Dinas Pendamping Distribusikan Makanan Bergizi untuk 80 AnakTurut Prihatin Atas Tragedi Kanjuruhan, Sidang Paripurna DPRD Subang Mengheningkan Cipta

Ia pun mencontohkan seperti di Desa Jalancagak, Desa Tambakmekar dan Desa Kumpay. Namun menurutnya program destinasi wisata tersebut baru dalam proses diupayakan untuk berkembang.

“Sementara ada beberapa objek wisata yang domestik saja yang baru diketahui oleh orang-orang sekitar,” kata Aris Setiawan.

“Ada Cileuleuy, di Jalancagak itu ada Citajaheurang, di Kumpay itu ada Situ Leugleug, Situ Kumpay, banyak lah cukup lumayan dan ada beberapa daerah, sebenarnya banyak kulinernya juga,” tambahnya.

Melihat hal tersebut, pemerintah kecamatan Jalancagak berencana untuk membuat dan juga mendorong program mandiri.

“Program mandiri, program gerakan partisipasi masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang nyaman, lingkungan yang bersih, dalam pengembangan destinasi wisata desa tersebut, karena harus ditunjang oleh kebersihan yang maksimal,” kata Aris Setiawan

Dengan seperti itu, menurutnya maka akan tercipta destinasi wisata yang berkualitas, yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung, baik pengunjung lokal, masyarakat sekitaran ataupun kabupaten lain.

“Kita sedang menciptakan dulu pondasi dasarnya, untuk menjadi destinasi wisata itu lingkungan harus bersih dan tempatnya harus terkelola dengan baik,” kata Aris Setiawan.

Baca Juga:Dewas Beberkan Alasan Dirut Perumda Tirta Rangga Subang Mundur, Bantah Ada Persoalan InternalLongsor di Panembong, Pipa Perumda Tirta Rangga Subang Lepas, PLT Dirut: Mudah-mudahan Hari Ini Bisa Tersambung

Lanjut Aris, bahwa selaku pemerintahan di kecamatan ia akan mendorong gerakan pemberdayaan masyarakat mandiri.

Tujuanya adalah agar masyarakat bisa merasa memiliki seutuhnya dan bangga dengan destinasi wisatanya karena masyarakat yang membangun sendiri dan dimanfaatkan sendiri oleh mereka. (yaya/idr)

0 Komentar