Kades: Butuh Rp2 Miliar untuk Sulap Situ Cinangsi Jadi tempat Wisata

situ cinangsi
0 Komentar

SUBANG-Pemerintah Desa (Pemdes) Cinangsi berencana akan menyulap Situ Cinangsi menjadi tempat wisata. Biaya yang dibutuhkan untuk menyulap situ yang dangkal itu sebesar Rp2 miliar.

Situ yang luasnya mencapai 4 hektare saat ini tidak enak dipandang. Lumpur dan ilalang menghiasi situ yang dulunya dibuat sempat menjadi wisata air oleh pihak desa itu.

Kini situ tersebut sedang dilakukan perbaikan dan juga pengerjaan menjadi destinasi wisata pulau buatan. Pemdes Cinangsi berharap akan mendapatkan penghasilan asli desa (PADes) setelah Situ Cinangsi itu menjadi tempat wisata.

Baca Juga:Ketua Akselerasi Puskesmas Indonesia: Kendalikan Kesehatan Ibu dan BalitaAmbu Anne: ASN yang Baik Harus Amanah

Kepala Desa Cinangsi Pepe S mengatakan, kerap terjadi pendangkalan di Situ Cinangsi. Hal itu karena tidak ada pengerukan.
“Sudah lama terjadi pendangkalan di situ ini. Lumpur, sedimentasi selama bertahun-tahun lamanya. Oleh karena itu harus ada pengerukan,” ungkapnya kepada Pasundan Ekspres.

Pepe menjelaskan, memerlukan anggaran Rp2 miliar untuk menjadikan Situ Cinangsi sebagai tempat wisata. Anggaran itu digunakan untuk pengerukan hingga membuat berbagai wahana wisata.

Pepe berharap pemerintah daerah mampu membantu pendanaan untuk program wisata itu. Dengan adanya pembangunan itu maka masyarakat sekitar akan terdampak secara perekonomian.

“Kami sudah melakukan kajian selama beberapa tahun kebelakang,” katanya.

Situ Cinangsi yang mengairi pertanian di Desa Majasari, Cibogo, Wanajaya termasuk Wanasari ini akan menjadi daya tarik masyarakat baik dari dalam maupun luar Kabupaten Subang. Sebab akan dibuat juga konsep wisata pulau buatan.

“Ini akan menjadi ikon dan satu-satunya destinasi yang berkonsep pulau buatan di wilayah kota Subang,” katanya.
Sekretaris BUMDES Sauyunan Cinangsi Budi Rakhman menyebut, sesuai dengan Peraturan Desa Nomor 4 tahun 2022, BUMDes diberikan amanah untuk menggali potensi yang ada di Desa Cinangsi

“Situ ini harus diubah dengan konsep yang wah dan menjadi perhatian masyarakat, sehingga akan berdampak terhadap penghasilan asli desa,” katanya.

Budi mengatakan, perlu butuh biaya yang sangat besar guna merubah Situ menjadi situ buatan. Oleh karena itu harus ada investor yang berinvestasi di Cinangsi, sehingga nantinya rencana itu bisa terlaksana.(ygo/ysp)

0 Komentar