Panglima Santri Resmikan Pesantren Lansia di UPTD PPSGL, Uu Ruzhanul Ulum: Bukti Pemprov Jabar Peduli Sosial Masyarakat

0 Komentar

JAWA BARAT – Panglima Santri Resmikan Pesantren Lansia di UPTD PPSGL, Uu Ruzhanul Ulum: Bukti Pemprov Jabar Peduli Sosial Masyarakat

UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Lansia (PPSGL) milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat, membuat program Pesantren Lanjut Usia Juara.

Tempat sosial untuk mengurus lansia itu berlokasi di wilayah Desa Pakutandang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung.

Baca Juga:Diduga Korsleting Listrik, Rumah di Purwakarta Hangus Dilalap si Jago MerahDaftar Harga Menu Asep Stroberi Lembang Terbaru 2022, Kuliner Kekinian Pecinta Buah

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri pembukaan program tersebut mengatakan, pemerintah tetap memberikan perhatian kepada masyarakat yang sudah lansia.

“Supaya lansia sehat, agar lansia berdaya dan lansia bisa sejahtera di usia tuanya,” kata Uu di hadapan para lansia yang tinggal di UPTD PPSGL, Rabu, 26 Oktober 2022.

Pria yang akrab disebut sebagai Panglima Santri itu menegaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) dalam prinsipnya tak hanya memperhatikan kesehatan hingga perekonomian saja.
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum saat meresmikan Pesantren Lansia di UPTD PPSGL, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung.
“Tapi nuansa-nuansa ukhrowi pun diperhatikan, dengan dibuktikan lahirnya Pesantren Lansia di Jawa Barat (UPTD PPSGL) milik Pemprov Jabar,” tegasnya.

Dijelaskan Uu, panti sosial khusus lansia tersebut menerima orang lanjut usia yang sudah tidak mempunyai keluarga atau terlantar.

“Ini salah satu bukti Pemprov Jabar peduli terhadap lansia, peduli pada permasalahan sosial kemasyarakatan,” jelasnya.

Diketahui, tak hanya merawat lansia dari sisi pangan serta hunian, UPTD PPSGL menjadi panti sosial khusus lansia pertama di Indonesia yang memberikan aktivitas keagamaan.

“Ini penting, mohon maaf, mungkin (seseorang) di saat usia muda tidak pernah belajar agama, tidak bisa membaca Al Quran, sholatnya belum bisa beres,” ujar Uu.

Baca Juga:17 Rekomendasi Tempat Download Game Selain Play Store, GRATIS!Kursus Mobil Subang, 7 Rekomendasi Tempat Kursus Mengemudi Terdekat Lengkap Biaya

“Maka di sini diberikan pendidikan yang bersifat ukhrowi dengan nama pesantren lansia,” tambahnya.

Menurut Uu, manusia yang sudah menginjak usia lanjut, merupakan bukti nyata bahwa Allah memberikan anugerah dan kenikamatn melalui umur yang panjang.

“Maka anugerah tersebut terus dimanfaatkan untuk lebih baik lagi dengan mendekatkan diri pada Allah Subhanahu wa ta’alla,” ucapnya.

Uu menyampaikan, apabila masyarakat mengetahui kondisi seseorang yang usianya sudah lanjut namun tak ada yang mengurus, maka bisa dibantu dengan membawanya ke panti sosial khusus lansia.

0 Komentar