Berperan Penting Saat Pandemi, Bupati Janji Tingkatkan Honor Kader Kesehatan

honor
0 Komentar

SUBANG-Bupati Subang H Ruhimat berjanji akan meningkatkan honor kader kesehatan dan pos KB yang bertugas di desa-desa. Hal tersebut disampaikan Ruhimat sapaan akrabnya saat mengukuhkan Forum Kader Kesehatan dan Pos KB se wilayah Subang selatan yang meliputi Kecamatan Jalancagak, Kasomalang, Cisalak, Tanjungsiang, Ciater, Sagalaherang dan Serangpanjang, Kamis (27/10).

Bupati menyebut, peran penting dari kader kesehatan dan pos KB sangat penting dalam pengendalian kesehatan ibu dan anak balita.

“Apalagi, kader kesehatan begitu berperan dalam menangani pandemi Covid-19 di wilayah masing-masing. Maka, pengukuhan tersebut sebagai bentuk perhatian terhadap kader kesehatan, yang di dalamnya adalah kader posyandu dan Pos KB desa,” jelasnya.

Baca Juga:51 Orang Lulus Seleksi PanwascamKapolres Instruksikan Patroli Jam Rawan Kriminalitas, Bentuk Pelayanan dan Perlindungan kepada Masyarakat

Selanjutnya keberadaan kader yang sudah berpuluh-puluh tahun ini, ternyata baru tahun ini ada pengukuhan kader dengan nama FK3. Padahal ada kader yang sudah mengabdi kepada masyarakat selama 30 tahun, bahkan 34 tahun. Kader selain dikukuhan dibuatkan SK dari kecamatan masing-masing.

“Makanya kita bentuk forum ini agar lebih bersinergi dengan pemkab Subang,” katanya.
Dia berterima kasih kepada kader yang telah membantu masyarakat, sehingga meningkatnya kesehatan. Karena masyarakat lebih sibuk mengurus sawah dan kebun, sementara soal kesehatan kurang memperhatikannya, makanya kader sangat penting.

“Makanya kader ini sangat penting, saya mengucapkan terima kasih kepada kader. Mudah-mudahan kebaikan ibu-ibu kader dibalas Allah SWT. Saya optimis pada tahun 2023, akan ditingkatkan dana operasional untuk kader,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dr Maxi mengatakan, FK3 baru dibentuk pada tahun ini. Padahal, kader sudah ada sejak dulu, dan perannya sangat penting bagi kesehatan masyarakat.

“Tujuan forum ini sebagai ajang silaturahmi, berbagi ilmu, meningkatkan kapasitas dan kapabilitas. Selain itu, tujuan forum ini untuk memperhatikan kesejahteraan kader, karena peran kader sangat penting, tapi honornya masih belum sesuai harapan,” ucapnya.

Untuk itu, kata dia, akan berupaya untuk meningkatkan honor atau transport bagi kader, agar lebih semangat dalam bekerja mengurus ibu hamil dan balita di Posyandu.

“Dinas Kesehatan dan DP2KBP3A Kabupaten Subang akan berupaya untuk meningkatkan honor atau uang transport bagi kader,” pungkasnya.(dan/ysp)

0 Komentar