51 Orang Lulus Seleksi Panwascam

seleksi
0 Komentar

PURWAKARTA-Sebanyak 51 orang dinyatakan lulus seleksi panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) setelah melewati serangkaian tes mulai administrasi, tes tulis, hingga wawancara.

Hal itu disampaikan Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purwakarta Jejen Supriadi kepada wartawan saat ditemui di Kantor Bawaslu Purwakarta, Jl. Dr. Kusuma Atmaja, Kaum, Purwakarta, Kamis (27/10).

“Pendaftar totalnya 311 orang, sedangkan yang kita tetapkan hanya 51 orang setelah melewati serangkaian seleksi tes tulis dan wawancara. Jadi total yang tersingkir 260 orang,” kata Jejen Supriadi menjelaskan.

Baca Juga:Kapolres Instruksikan Patroli Jam Rawan Kriminalitas, Bentuk Pelayanan dan Perlindungan kepada MasyarakatSyarat Anggota Terpenuhi, Partai Baru Optimistis Lolos Verifikasi Faktual oleh KPU

Ke-51 orang yang lulus ini sesuai dengan kuota yang ada di Kabupaten Purwakarta, yakni untuk ditetapkan dan ditempatkan di 17 kecamatan. Di mana, masing-masing kecamatan berjumlah tiga orang.

Dirinya pun mengungkapkan, pelantikan terhadap ke-51 orang calon Panwascam yang telah ditetapkan tersebut akan dilaksanakan pada Jumat, 28 Oktober 2022.

“Saat ini seluruhnya sedang mengikuti tes psikologi yang dilaksanakan di RSUD Bayu Asih Purwakarta. Ini tahapan akhir sebelum pelantikan,” ujarnya.

Senada disampaikan Oyang Este Binos, Komisioner Bawaslu Purwakarta lainnya. Selesai dilantik, kata Binos, seluruh Panwascam akan langsung tancap gas melakukan pengawasan.

“Di antara objek pengawasannya adalah verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu 2024. Jadi benar, mereka (panwascam, red) langsung tancap gas (melakukan pengawasan, red),” ucap Binos.

Terkait tahapan verifikasi faktual partai politik, lanjut Binos, pihaknya akan fokus terhadap pengawasan pada beberapa hal. Di antaranya, aspek kinerja penyelenggara dalam hal ini KPU dan jajaran.

Kemudian, sambungnya, terkait prosedur verifikasi faktual, hingga kesesuaian dokumen dan fakta di lapangan kaitan keanggotaan partai politik.

Baca Juga:Tidak Hanya Melulu Pembangunan Fisik di Lokasi TMMD,  Anggota TNI Kodim Subang Mengajar Mengaji dan Bahasa Inggris Anak DesaPerlu Partisipasi Aktif Semua Pihak, Masyarakat Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Potensi Bencana

“Setelah ada panwascam, kami seolah punya peluru tambahan dalam melakukan pengawasan. Semoga semua berjalan lancar,” kata Binos.(add/sep)

0 Komentar