SUMPAH PEMUDA dan Tantangan Lintas Generasi (Bagian 2)

SUMPAH PEMUDA dan Tantangan Lintas Generasi (Bagian 2)
0 Komentar

Oleh Letkol CHK (Purn) M Lukmantias Amin SH MH

 

Karakteristik Lintas Generasi

Menurut teori ilmu sosiologi, para sosiolog membagi generasi manusia modern dalam beberapa era generasi, generasi yang melahirkan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dikategorikan sebagai Generasi Perang Dunia I, yaitu generasi yang didefenisikan sebagai orang-orang yang lahir pada tahun 1860 sampai dengan tahun 1918 Masehi. Ciri dari Generasi Perang Dunia I ini ialah generasi yang menerapkan konsep perang dengan daya tembak yang terkendali secara terpusat, terperinci dan teratur bagi infantri, tank dan artileri yang menekankan pentingnya peran komandan dalam pertempuran. Doktrin yang sangat ditekankan dalam Generasi Perang Dunia I ini adalah “the artilery conquers, the cavalry as the attackers and the infantry occupies”. Selanjutnya motto yang berkembang dalam Generasi Perang Dunia I adalah “close and destroy”. Generasi ini memiliki keberanian untuk tampil berhadap-hadapan dengan lawan dalam memperjuangkan keyakinannya.

Dalam teori Generasi (Generation Theory) yang dikemukakan Graeme Codrington & Sue Grant-Marshall, terdapat 5 generasi manusia berdasarkan tahun kelahirannya, yang memiliki perbedaan pertumbuhkembangan kepribadian, yaitu:

(1) Generasi Baby Boomer, lahir 1946-1964;

(2) Generasi X, lahir 1965-1979;

(3) Generasi Y, lahir 1980-1995, sering disebut generasi millennial;

(4) Generasi Z, lahir 1996-2009 (disebut juga iGeneration, GenerasiNet, Generasi Internet); dan (5) Generasi Alpha, dimulai dari tahun 2010 (akhir dari generasi masih ambigu dan belum di tentukan).

Baca Juga:SUMPAH PEMUDA dan Tantangan Lintas Generasi (Bagian 3)SUMPAH PEMUDA dan Tantangan Lintas Generasi (Bagian 1)

Generasi baby boomer lahir setelah Perang Dunia II dengan rentang tahun kelahiran 1946 hingga 1964. Istilah baby boomer lahir lantaran tingginya jumlah kelahiran selama waktu itu ketika Perang Dunia II usai. Jika dilihat lebih detail, ada dua jenis generasi baby boomer, yakni baby boomer I yang lahir tepat setelah Perang Dunia II dan baby boomer II yang menjadi lanjutan dari generasi sebelumnya. Generasi baby boomer dapat dikenali dari kepribadiannya yang mudah menerima, adaptif, dan diperkirakan punya kemapanan ekonomi, kesehatan, dan gaya hidup ketika usia produktif.

Generasi X adalah orang-orang yang lahir pada tahun 1965 hingga 1980. Usianya saat ini yang termuda 44 tahun dan yang tertua 57 tahun. Istilah Xennials adalah paduan nama Generasi X dan Millenial untuk menggambarkan individu-individu yang lahir selama tahun puncak Generasi X / Millenial pada akhir 1970-an hingga awal 1980-an. Generasi ini disebut juga generasi mikro yang berfungsi sebagai jembatan antara ketidakpuasan Gen X dan optimisme Millennials. Gen ini mengadopsi berbagai media sosial , cenderung lebih calm down dan natural dalam menggunakan media sosial. Generasi Xennials memiliki dua kepribadian yaitu sinis dan kaku, namun mereka juga memiliki sikap optimistis dan lebih mudah mengadaptasi teknologi baru. Generasi Xennilas masih menyukai bentuk tulisan tangan, peduli terhadap keseimbangan kerja dan kehidupan yakni fokus pada pekerjaan, namun memberikan batasan karena tidak ingin pekerjaan menggangu kehidupan pribadi. Tetapi, menurut penelitian Jane Deverson, sebagian generasi ini punya perilaku yang negatif, contohnya memakai ganja hingga tidak hormat dengan orangtua. Untungnya, gnerasi X dikenal memiliki karakteristik yang logis, menjadi pemecah masalah yang baik, dan banyak akal.

0 Komentar