Raptor Terbang Berputar di Langit Pegunungan Sanggabuana

Pegunungan Sanggabuana
MIGRASI: Ratusan raptor atau burung pemangsa yang soaring di atas langit Pegunungan Sanggabuana, merupakan migrasi dari negara asalnya. UPSE SAEPULOH/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

KARAWANG-Sebuah bukit di lereng Pegunungan Sanggabuana, merupakan salah satu wana wisata di Karawang. Treking selama 15 menit dari Camping Ground Puncak Sempur, pengunjung dapat menyaksikan ratusan raptor terbang berputar di angkasa.

Raptor ini melakukan “soaring” atau terbang berputar tanpa mengepakkan sayap, dengan mengandalkan dorongan udara panas atau thermal.

Ratusan raptor atau burung pemangsa yang soaring di atas langit Pegunungan Sanggabuana ini bukan raptor penghuni Sanggabuana, tetapi raptor migran yang sedang mengungsi dari negara asalnya.

Baca Juga:Burger Bangor Lezat Rendah Lemak, Gunakan Daging Berkualitas TinggiUlar Naga Jawa Endemik Berhasil Ditemukan di Pegunungan Sanggabuana

Dari ratusan raptor migran ini, teridentifikasi terdiri dari 3 jenis, yaitu sikep madu asia (Pernis ptilorhynchus), alap-alap china (Accipiter soloensis), dan alap-alap nipon (Accipiter gularis).

Sikep madu asia yang sering disebut dengan Oriental Honey-Buzzard adalah raptor atau burung pemangsa dari keluarga Accipitridae yang berasal dari Siberia.

Ketika di Siberia sedang terjadi musim dingin, mereka bermigrasi mencari suasana hangat dan banyak mangsa ke Selatan, sampai di Indonesia.

Memangsa berbagai jenis serangga

Sikep madu asia ini memangsa serangga seperti belalang, jangkrik, tongkeret, larva lebah, dan kadang reptilia.

Sedangkan alap-alap china atau elang alap tiongkok atau Chinese Sparrowhawk sesuai namanya adaah burung dari keluarga Accipitridae dari genus Accipiiter, yang berasal dari Asia Timur atau China.

Alap-alap china mempunyai panjang tubuh 25-35 cm dengan berat 106-140 gram untuk yang jantan dan berat betina 124-204 gram. Raptor ini memangsa belalang, kodok, kadal, dan burung kecil lainnya.

Alap-alap nippon disebut juga dengan Nippon Sparrowhawk juga merupakan burung pemangsa dari keluarga Accipitridae dari genus Accipiiter.

Baca Juga:Krisis Global, PHK dan Kurangi Jam Kerja, FSBP KASBI Tolak Isu PHK MassalDaftar Hero Jungler Tersakit di Game Mobile Legends

Mempunyai panjang tubuh 29-34 cm dengan berat 85-142 gram untuk yang jantan dan berat betina 111-193 gram, dan mempunyai rentang sayap sepanjang 51-63 cm.

Di alam memangsa tikus, kelelawar, reptil, serangga, juga burung-burung kecil sampai sedang seperti burung merpati atau tekukur.

Wana Wisata Puncak Sempur yang berada di Kecamatan Tegalwaru, Karawang merupakan sebuah potensi wisata dataran tinggi baru di Karawang.

Di Puncak Sempur, yang sudah mulai banyak cafe-cafe, camping ground dan homestay ini sangat layak untuk dijadikan tempat pengamatan baru raptor migran.

0 Komentar