Nelayan Desa Mayangan Kecamatan Legonkulon Subang Gunakan Bahan Bakar Gas

Desa Mayangan
INOVASI: Anggota Komisi IV DPR RI, Nurhasan Zaidi bereserta jajaran lainnya memberikan simbolis kepada salah satu nelayan di Desa Mayangan, Legonkulon. CINDY DESITA/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

SUBANG-Puluhan warga nelayan Desa Mayangan Kecamatan Legonkulon Subang, menerima program bantuan konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) dari kementrian ESDM RI dan Komisi VII DPR RI Dapil 9.

Kementiean ESDM RI, menyerahkan kurang lebih 148 paket bantuan untuk nelayan Desa Mayangan, yang terdaftar dan memenuhi kriteria. Tak hanya warga nelayan Desa Mayangan saja yang mendapatkan bantuan. Bantuan tersebut juga akan disalurkan secara bertahap kepada nelayan yang ada di desa lainnya.

Perwakilan Dirjen Migas mengatakan, program konversi BBM ke BBG untuk nelayan ini merupakan amanat Perarutan Presiden (Perpres) No 38 Tahun 2019 tentang penyediaan, pendistribusian, dan penetapan harga LPG tabung 3 kg serta aksesoris pendukung lainnya.

Baca Juga:Komunitas Jajaran Komunikasi Cengkong Pelopori Penanaman Pohon di Wilayah Desa CengkongKeracunan Pelajar, Polres Terus Penyelidikan, Dinkes: Tunggu Uji Lab

“Peralihan dari BBM ke BBG ini, merupakan program pengenalan kepada masyarakat supaya menggunakan energi alternatif selain dari BBM yaitu menggunakan gas elpiji,” jelas perwakilan Dirjen Migas.
Sementara itu, anggota Komisi VII DPR RI, Dapil 9 Fraksi PKS Nurhasan Zaidi mengatakan, penggunanaan gas sebagai bahan bakar mesin kapal, diyakini jauh lebih hemat daripada menggunakan bahan bakar minyak.

“Kami memberikan bantuan kepada para nelayan yang mana bantuan ini atas aspirasi Kementrian ESDM dan Pertamina, dalam bentuk bantuan satu paket alat dan mesin untuk kapal nelayan,” ungkap Anggota Komisi VII DPR RI, Dapil 9.

Menurutnya, efisiensi ini bisa memotong biaya operasional untuk para nelayan. Mudah-mudahan juga adanya bantuan ini dan berubahnya bahan bakar nelayan, sehingga menjadikan kehidupan para nelayan di Legonkulon ini berubah lebih baik lagi dari segi ekonomi dan kehidupannya.

Mendengarkan penjelasan tersebut, Saumin salah satu nelayan Desa Mayangan yang menerima paket bantuan mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih. Saumin dan nelayan lainnya, optimis bisa memanfaatkan bantuan tersebut.

“Kita selaku nelayan, mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah atas pemberian bantuan ini. Para nelayan di Desa Mayangan, sangat terbantu dengan adanya bahan bakar gas ini,” pungkasnya. (cdp/vry)

0 Komentar