Perkemahan Gema Tunas Bentuk Karakter dan Gali Potensi Pelajar Nonformal

Perkemahan Gema Tunas
0 Komentar

“PKBM itu adalah dunia pendidikan nonformal, hal yang sama di bawah naungan dinas pendidikan. Maka dari itu pramuka juga harus ada dan tumbuh di dunia pendidikan nonformal. Pada dasarnya, guna menumbuhkan rasa dan jiwa patriotisme untuk mencintai tanah air,” ujarnya.

Menurut Agus, kegiatan Perkemahan Gema Tunas PKBM memberikan pembekalan dan pendidikan karakter bagi warga belajar. “Ke depannya PKBM akan mempunyai gugus depan seperti pendidikan formal,” ucapnya.

Pada kegiatan ini, FK PKBM telah mengundang para pemateri mumpuni, di antaranya Anggota Komisi X DPR RI, perwakilan Kodim 0619/Purwakarta dan Polres Purwakarta, Kwarda, dan dari Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Baca Juga:Rangkaian Kaligrafi Santri Terpanjang 792 Meter, Cetak Rekor MURIPetani di Desa Margahayu Bersiap Tanam Padi

Sementara itu, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda yang hadir dan membuka kegiatan, mengapresiasi FK-PKBM Jawa Barat yang sukses menggelar perkemahan Gema Tunas PKBM perdana. Di mana, kegiatan yang luar biasa ini patut didukung oleh pemerintah di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten.

“Ini luar biasa secara swadaya PKBM sebagai penyelenggara pendidikan nonformal bisa menggelar kegiatan pramuka Perkemahan Gema Tunas PKBM se-Provinsi, yang digagas dan atas prakarsa serta inisiatif sendiri,” ucapnya.

Disebutkannya, perkembangan PKBM sekarang relatif lebih diminati oleh masyarakat Indonesia. Didukung dengan teknologi gadget saat ini.

“Saya merasa PKBM bisa membangun kreativitas dan inovasi ke depan melalui sistem digital. Karena kebiasaannya, keahliannya dan kreatifnya, teman-teman PKBM ini dan itu belum dimiliki oleh pendidikan formal yang lain,” katanya.

Sementara itu, untuk gerakan pramuka Sakawidya yang diprakarsai PKBM, Syaiful Huda berharap, pramuka akan menanamkan nilai-nilai cinta terhadap tanah air, bangsa dan negara.

“Perkemahan Gema Tunas PKBM ini akan menanamkan nilai-nilai cinta tanah air. Karena pramuka sudah terbukti menjadi pengikut dan relawan terbaik bagi komponen cadangan pertahanan Indonesia,” ucapnya.(add/sep)

0 Komentar