Petani di Desa Margahayu Bersiap Tanam Padi

Desa Margahayu
0 Komentar

SUBANG-Ruwatan Bumi di Desa Margahayu Kecamatan Pagaden Barat Kabupaten Subang menjadi ekspresi masyarakat menyambut tanam padi rendeng dan syukuran musim penghujan yang telah tiba.

Kepala Desa Margahayu H Main Permana mengatakan, air sebagai sumber kehidupan menjadi vital untuk memenuhi semua hajat manusia. Seperti juga bagi petani, air merupakan kebutuhan pokok untuk bercocok tanam, bertani, berkebun atau petani ikan sekalipun.

Oleh karena itu sudah sepatutnya saat musim hujan telah tiba, manusia harus bersyukur atas nikmat alam yang telah dianugrahkan oleh Sang Pencipta alam semesta ini.

Baca Juga:Kapolsek Legonkulon Apresiasi Ibu-ibu Peduli Kebersihan LingkunganJalan Rusak dan Minim Penerangan, Pengendara Mengeluh, Dishub: Sudah Usulkan ke Pemprov

Ruwatan Bumi yang berlangsung hari Minggu (13/11) disemarakkan oleh hiburan seni sisingaan. Warga dari tiap RW yang ada di Desa Margahayu turun ke jalan berkostum seragam ikut berkeliling kampung dan dusun bersama perangkat desa.

Sementara berbagai hasil bumi jadi rebutan anak-anak dan orang tua. Usai keliling kampung, kemudian diadakan doa bersama atau istighosah untuk memohon agar hasil tanam tahun ini berlimpah ruah, harga padi tinggi dan petani hidup sejahtera.(dan/ysp)

0 Komentar