Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Beasiswa LPDP 2023/2024, Yuk Simak!

Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Beasiswa LPDP 2023/2024, Yuk Simak!
Sumber Foto : Pixabay
0 Komentar

Pasundan Ekspres Beasiswa LPDP diperuntukan untuk warganegara Indonesia yang sudah lulus S1/D4 atau lulusan S2 dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Beasiswa S2 LPDP reguler bisa kamu manfaatkan untuk mengambil studi S2 di dalam negeri maupun luar negeri, begitu pula beasiswa S3 reguler LPDP.

Kabar baiknya, beasiswa LPDP adalah beasiswa penuh (fully funded). Mulai dari kebutuhan studi, biaya kuliah, biaya hidup, biaya keberangkatan dan kepulangan akan menjadi tanggungjawab LPDP.

Baca Juga:Pendaftaran Beasiswa LPDP S2 dan S3 2023/2024, Cek Disini!Doa Shalat Istikharah Meminta Petunjuk, Lengkap dengan Artinya

Bukan hanya itu, kamu juga akan mendapatkan biaya tunjangan keluarga (khusus doktoral), tunjangan buku, tunjangan tesis/disertasi, seminar, publikasi jurnal, visa, sampai asuransi kesehatan juga akan diberikan.

Kemudian terdapat fasilitas lain semisal biaya pendaftaran ke universitas, biaya kedatangan, sampai dana keadaan darurat.
Pendaftaran dapat kamu akses via online melalui www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id.  Apabila kamu sudah memiliki akun dapat langsung login, sementara bagi kamu yang belum mempunyai akun dapat registrasi terlebih dahulu.

Kemudian, isi formulir dan unggah dokumen pendukung serta isi formulir sesuai format sesuai contoh.

Seluruh dokumen pendukung tersebut harus dokumen asli dan cetak formulir pendaftaran online untuk tahap seleksi wawancara.

Formulir dan Dokumen Pendukung Beasiswa LPDP

  1. Cetak Formulir Pendaftaran Online.
  2. Ijazah dan Transkrip Asli.
  3. Sertifikat TOEFL/IELTS/TOAFL dan yang setara.
  4. Sertifikat Prestasi.
  5. Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Hukum.
  6. Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Kode Etik Akademik.
  7. Surat Pernyataan mengabdi Kepada Kepentingan Bangsa Indonesia.
  8. Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa dari Sumber lain.
  9. Surat Ijin Belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja.
  10. Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja.
  11. Essay

Apabila kamu sudah mendaftar dan mengunggah sejumlah dokumen pendukung. Selanjutnya, tunggu pengumuman kelulusan seleksi administrasi sesuai jadwal yang sudah tersedia.

Jika kamu lulus seleksi administrasi, selanjutnya kamu akan mengikuti tes wawancara. Setelah stes wawancara, selanjutnya kamu tinggal menunggu pengumuman kelulusan beasiswa LPDP.

Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP

  • Pendaftaran biasanya dibuka untuk 4 periode, yang dimulai dari bulan Oktober tahun sebelumnya hingga bulan Oktober tahun ini. Jadwal lengkap dapat dilihat di web resmi.
0 Komentar