Tim PKM-RSH UPI Teliti Motion Grafis dan Empati, Kepada Anak Usia Prasekolah

Motion Grafis
0 Komentar

PURWAKARTA-Motion grafis atau grafik gerak adalah potongan animasi atau rekaman digital yang menciptakan ilusi gerakan atau rotasi, dan biasanya digabungkan dengan audio untuk digunakan dalam proyek multimedia.

Motion grafis ini telah menjadi bahan penelitian Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta untuk meningkatkan empati pada anak usia prasekolah.

Ketua Tim PKM-RSH UPI Kampus Purwakarta, Karisya mengatakan, timnya telah melakukan penelitian di dua TK. Pertama, di TK Labschool UPI Jl. Baru Blok Mawar II, Nagri Kaler, Purwakarta. Kedua, TK Mentari Jl. Jenderal Sudirman, Blok Aster, Nagri Kaler, Purwakarta.

Baca Juga:Polres Bantu Korban Gempa CianjurSaid Aqil Sebut Peran Kiai Desa Penting Bina Akhlak Masyarakat

“Motion grafis kami gunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan empati anak. Kami memiliki tiga video, seri 1-3, dengan judul “Menumbuhkan Empati Anak Usia Dini dengan Motion Grafis Video Bersama Mika, Eva, dan Edo”,” kata Karisya kepada wartawan, Rabu (23/11).

“Kami melakukan pengukuran sikap empati anak melalui statistik dan observasi terkait. Baik itu sebelum maupun sesudah menonton video animasi. Hasilnya menunjukkan grafik positif,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Dosen Pendamping Tim PKM-RSH UPI Jojor Renta Marahatha, M.Pd., mengatakan, tim binaannya berhasil masuk sebagai peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-35 yang digelar Pusat Prestasi Nasional.

Dijelaskan Jo, kriteria penilaian di antaranya metode, kekompakan tim, presentasi, hasil penelitian dan lainnya. Tiga pekan penelitian, tim berhasil mendapatkan data positif.

“Video animasi juga sudah didaftarkan di HKI (Hak Kekayaan Intelektual). Dan ke depan, kami berencana memberikan pelatihan pembuatan motion grafis kepada para guru,” katanya.(add/ysp)

0 Komentar