Barang Haram Tak Boleh Ada di Lapas, Penggeledahan Kamar WBP Ditemukan Narkoba

Lapas
0 Komentar

PURWAKARTA-Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Purwakarta berkomitmen untuk menjaga dan memelihara keamanan di dalam Lapas. Diantaranya dengan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) dan menggeledah ke dalam blok dan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (24/11).

“Ini juga bentuk komitmen kami dalam mencegah masuknya barang-barang terlarang ke dalam blok hunian. Sehingga, lapas bebas dari peredaran barang terlarang seperti telepon seluler,” kata Kepala Lapas Kelas IIB Purwakarta Yusep Antonius yang langsung memimpin sidak tersebut.

Senada, Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas IIB Purwakarta, Youga Supriyadi mengatakan, kegiatan sidak tersebut sebagai langkah pertama KPLP guna memastikan kamar hunian dan sekitarnya dalam keadaan aman kondusif.

Baca Juga:Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Media Berperan Penting Sukseskan PemiluMasyarakat Bisa Akses Website Tempe Teman, Canangkan Transparansi Urusan Permukiman

“Sebelum penggeladahan para WBP diperiksa terlebih dulu oleh petugas. Lalu para petugas menggeledah kamar mereka seperti kamar mandi, ventilasi, dan kolong kamar,” ucap Youga.

Dijelaskannya, pada penggeladahan tersebut, petugas menemukan telepon seluler maupun narkoba di dalam ruangan tahanan. Namun, petugas berhasil mengamankan dua untai kabel listrik, tujuh paku, dan selembar amplas.

Kemudian, ikat pinggang, kepala charger, botol kaca, kawat senar, tali rapia, fitting listrik dan USB masing-masing satu buah. “Barang-barang terlarang itu tidak boleh ada di kamar warga binaan,” ucap pria yang belum genap sepekan menjabat KPLP itu.

Youga menambahkan, penggeledahan dilaksanakan guna meningkatkan kewaspadaan terkait deteksi dini, keamanan dan ketertiban pada Lapas Kelas IIB Purwakarta.

“Razia seperti ini sangat berpengaruh pada keamanan dan ketertiban serta mencegah gangguan kamtib di lapas. Razia atau penggeledehan ini juga untuk menciptakan kebersamaan dalam rangka transparansi dan akuntabilitas yang merujuk pada penguatan tugas dan fungsi keamanan di Lapas Purwakarta,” kata Youga.

Dirinya pun mengajak seluruh jajaran Lapas Kelas IIB Purwakarta bersama-sama bersinergi dan berkomitmen dalam hal kegiatan sidak kamar hunian. “Kegiatan ini akan kita laksanakan secara rutin guna mewujudkan Kunci Pemasyarakatan Maju,” ujarnya.(add/sep)

0 Komentar