10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Mana Favoritmu?

10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Mana Favoritmu?
Sumber Foto : Pixabay
0 Komentar

Gunung Tertinggi di Indonesia

  • Gunung Rinjani

Gunung yang mempunyai ketinggian mencapai 3.726 mdpl ini berlokasi di Pulau Lombok, NTB. Pesis dengan Gunung Kerinci, Gunung Rinjani masuk ke dalam jenis gunung berapi yang masih aktif.

Yang menarik dari Gunung Rinjani adalah danau kawah atau kaldera berwarna biru yang mempunyai luas sebesar 3.500 x 4.800 m. Lalu, Puncak Gunung Rinjani juga menawarkan obyek wisata Taman Nasional Gunung Rinjani.

  • Gunung Sanggar

Gunung Sanggar berlokasi di Pulau NTB dan mempunyai ketinggian berkisar 3.492 mdpl. Walaupun terletak di satu area Gunung Rinjani, nama Gunung Sangar tidak seterkenal Gunung Rinjani.

Baca Juga:Cara Scan di Printer Epson, Cepat dan Mudah!Heroes Arise Apk Mod Full V1.0.23 Game Moba Terupdate, Klik Cara Instal dan Link Downloadnya Gratis di Sini!

Hal yang unik dari gunung ini adalah keadaan alamnya yang masih sejuk dan belum banyak pendaki yang datang mendaki gunung ini.

  • Gunung Latimojong

Gunung Latimojong adalah gunung yang berlokasi di Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Enrekang. Gunung ini mempunyai ketinggian mencapai 3.478 mdpl.

Tidak sama dengan beberapa gunung lainnya puncak Gunung Latimojong dikenal dengan sebutan Bulu Rante Mario. Gunung Latimojong menjadi gunung yang paling tinggi di Pulau Sulawesi.

  • Gunung Slamet

Gunung slamet adalah gunung api aktif yang berlokasi di Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 3.428 mdpl. Kemudian, menjadi gunung yang populer setelah Gunung Semeru di Pulau Jawa.

Terbentang di 5 kabupaten di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Pemalang, Tegal, Purbalingga, Banyumas, dan Brebes.

  • Gunung Sumbing

Gunung sumbing adalah gunung tertinggi ketiga pulau Jawa yang mempunyai ketinggian mencapai 3.371 mdpl. Gunung ini berlokasi di tiga wilayah, yaitu Kabupaten Magelang; Kabupaten Temanggung; dan Kabupaten Wonosobo.

Berdekatan dengan Gunung Sindoro, menjadikan gunung ini seperti bentang alam gunung kembar bak Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. (yni)

 

0 Komentar