10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Mana Favoritmu?

10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Mana Favoritmu?
Sumber Foto : Pixabay
0 Komentar

Pasundan Ekspres – Indonesia merupakan negara dengan pemandangan alamnya yang cantik. Selain banyak pantai yang indah Indonesia juga mempunyai beberapa gunung yang tak kalah bagus.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah gunung terbanyak. Menurut informasi, ada ratusan gunung yang ada di Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan Indonesia dilintasi dua jalur pegunungan dunia, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Banyaknya jumlah gunung di Indonesia, menjadikan pendaki gunung mempunyai banyak rekomendasi untuk mendaki.

Tetapi, apakah kamu tau gunung tertinggi di Indonesia? berikut penjelasannya.

Baca Juga:Cara Scan di Printer Epson, Cepat dan Mudah!Heroes Arise Apk Mod Full V1.0.23 Game Moba Terupdate, Klik Cara Instal dan Link Downloadnya Gratis di Sini!

  • Puncak Jaya

Gunung tertinggi di Indonesia yang pertama adalah Puncak Jaya Wijaya. Gunung ini sering disebut gunung Carstensz Pyramid yang terletak di Provinsi Papua. Puncak Jaya disebut sebagai gunung tertinggi karena mempunyai ketinggian 4.884 mdpl.

Ketinggiannya juga menjadikan gunung ini tercatat ke dalam daftar 7 gunung tertinggi di dunia atau seven summits. Menariknya, gunung ini menjadi satu-satunya gunung di Indonesia yang dikelilingi gletser. Gunung ini juga dikenal dengan Puncak Soekarno pada tahun 1963.

  • Puncak Mandala

Kemudian ada gunung Puncak Mandala yang masih terletak di Papua. Gunung ini mempunyai ketinggian berkisar 4.760 mdpl. Puncak Mandala adalah sebuah pengunungan bintang yang berlokasi di bagian timur Papua dan terletak di dekat perbatasan Papua Nugini.

Tak beda dengan Puncak Jaya Wijaya, Puncak Mandala masih dikelilingi gletser karena masih berlokasi di area pegunungan Jaya Wijaya.

  • Puncak Trikora

Puncak Trikora adalah gunung di provinsi Papua. Tepatnya di area Papua Barat dan mempunyai tinggi mencapai 4.750 mdpl. Trikora mempunyai beberapa kawasan hutan dalam jalur pendakiannya seperti Taman Nasional Lorents atau Hutan Montane.

Bukan hanya harus melewati hutan-hutan, pendaki juga harus melintasi medan yang terjal seperti rawa atau jalanan yang berlumpur.

  • Gunung Kerinci

Gunung Kerinci berlokasi di Jambi tepatnya diantara Provinsi Sumatera Barat dan Jambi. Gunung Kerinci mempunyai ketinggian mencapai 3.805 mdpl dan menjadi puncak tertinggi di Sumatera.

Baca Juga:Transformers : Rise of the Beast Tayang 2023, Yuk Intip Bocoran Sinopsisnya!Link Nonton Web Series Kupu-Kupu Malam Full Episode, Full HD dan Gratis!

Menariknya, gunung ini masuk ke dalam daftar 5 besar puncak gunung tertinggi di Indonesia. Di dalam sekitaran Gunung Kerinci juga ada Taman Nasional Kerinci yang merupakan habitat terkahir harimau dan badak Sumatera.

0 Komentar