Syahbandar Pelabuhan Patimban Lakukan Diklat untuk Nelayan

Syahbandar Pelabuhan Patimban
0 Komentar

SUBANG– Kantor ke Syahbandaran Patimban dan Otoritas Pelabuhan Patimban (KSOP) kelas II menggelar program kegiatan pemberdayaan bagi masyarakat yang berada di sekitar Pelabuhan Patimban khususnya kepada para nelayan secara gratis.

Kegiatan tersebut bertempat di Kantor KSOP Kelas II Patimban, Desa Patimban, Kecamatan Pusakanagara Subang pada Senin (5/12/22) dan diikuti oleh 60 nelayan yang terpilih.

Para peserta diantaranya berasal dari KUD Minamisaya Guna Patimban sebanyak 30 orang, dan dari KUD Mina Tanjung Mataram Patimban sebanyak 30 orang.

Baca Juga:Peringati Hari Kesehatan Nasional, PDGI Karawang Gelar Pemeriksaan Gigi GratisDinas Kesehatan Kabupaten Subang Raih Penghargaan dari Uncef

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan SKK 30 dan 60 mil yang mana tujuan pelatihan tersebut untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi para nelayan yang menggunakan kapal tradisional.

Tak hanya itu, pelatihan tersebut juga guna membekali tentang edukasi keselamatan, keamanan pelayaran dan perlindungan maritim yang nantinya diakui secara legal oleh pemerintah.

Kasie KBPP selaku ketua pelaksanan kegiatan, Capt.Tri Hananto menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salahsatu bentuk kehadiran dan kepedulian KSOP Patimban kepada nelayan.

“Pemerintah dalam hal ini yaitu KSOP Kelas II Patimban melaksanakan kegiatan ini merupakan salahsatu bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat khususnya bagi para nelayan,” ungkapnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyematan Life Jacket dan buku panduan kepada peswrta diklat oleh Kepala KSOP Kelas II Patimban Yan Prastomo Ardi.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Yan Prastomo Ardi pun berharap agar awak kapal nelayan dan kapal tradisional nelayan di sekitar Pelabuhan Patimban dapat mengerti dan memahami tentang keselamatan jiwa dan keselamatan pelayaran.

“Setelah mendapatkan bimbingan dan pelatihan ini diharapkan para nelayan dapat mencegah terjadinya kecelakaan di laut,” jelasnya. (cdp/ded)

0 Komentar