Didominasi Lelaki Seks Lelaki , HIV/AIDS Nyaris Tembus 1.000 Kasus

Lelaki Seks Lelaki
Lelaki Seks Lelaki
0 Komentar

PURWAKARTA-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta menyebutkan, data kumulatif sejak 2016 hingga November 2022 menunjukkan, jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Purwakarta nyaris menyentuh angka 1.000 atau tepatnya 998 orang.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Purwakarta dr. Eva Lystia Dewi mengatakan, ditemukan 136 kasus baru kasus HIV/AIDS sepanjang 2022 ini.

“Untuk jumlah kumulatif kasus HIV/AIDS di Kabupaten Purwakarta sebanyak 998 kasus. Itu data dari 2016 hingga November 2022,” kata dr. Eva kepada wartawan, Senin (5/12).

Baca Juga:Dinas Kesehatan Launching Gesia Sekaligus Rayakan Hari Kesehatan Nasional Ke-58Homoseksual Penyebab Tertinggi Meningkatnya HIV/AIDS

Dirinya menjelaskan, distribusi kasus HIV/AIDS pada populasi dengan faktor risiko di Kabupaten Purwakarta tahun 2022 didominasi oleh populasi lelaki seks lelaki (LSL).

Kemudian kasus HIV/AIDS berdasarkan kelompok umur di Kabupaten Purwakarta pada 2022 terbanyak berada pada rentang usia 19 tahun sampai dengan 35 tahun dan didominasi oleh kaum pria. “Kasus HIV/AIDS tersebar di 14 kecamatan dan terbanyak di Kecamatan Purwakarta,” ujar Eva.

Untuk menekan penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Purwakarta, pihaknya terus melakukan berbagai langkah, seperti melakukan sosialisasi pencegahan penularan, serta melakukan tes HIV/AIDS kepada populasi kunci.
Selain itu, sebagai deteksi dini, Dinkes Purwakarta bersama instansi terkait juga melakukan tes HIV/AIDS kepada calon pengantin serta screening triple eliminasi bagi ibu hamil.

“Kesadaran masyarakat untuk melakukan tes juga sangat penting guna memutus mata rantai penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Purwakarta,” ucapnya.(add/vry)

0 Komentar