KPU Subang Gelar Tes CAT Seleksi Calon PPK Pemilu 2024, Diikuti Sebanyak 807 Peserta

SUBANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang melaksanakan tes Computer Assisted Test (CAT) dalam seleksi tertulis Perekrutan Calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024. Tes tersebut dilaksanakan di SMKN 1 Subang.

Tes CAT diikuti sebanyak 807 peserta yang dibagi ke dalam dua hari pelaksanaan yaitu Selasa (6/12) dan Rabu (7/12). Tes ini dilakukan secara serentak se Indonesia.

Ketua KPU Subang, Suryaman menjelaskan, tes CAT ini merupakan tahapan lanjutan setelah seleksi administrasi yang digelar sebelumnya. Dari hasil tes CAT ini akan dipilih sebanyak 15 orang dari tiap kecamatan untuk mengikuti tahapan wawancara.

Suryaman menjelaskan, tes CAT berisi sebanyak 75 pertanyaan mengenai kompetensi dasar, wawasan kebangsaan dan kepemiluan.

Melalui berbagai pertanyaan dalam CAT ini untuk menguji peserta sejauh mana mereka memahami ketiga pengetahuan tersebut sehingga diharapkan bisa melaksanakan tugas dengan baik ketika nanti jadi PPK.

“Waktu yang diberikan untuk menjawab pertanyaan CAT itu selama 1,5 jam,” ungkap Suryaman kepada Pasundan Ekspres, Rabu (6/12).

Sementara itu, Ketua Bawaslu Subang, Parrahutan Harahap menyampaikan, tes CAT ini diharapkan sesuai dengan aturan. Sehingga melalui seleksi ini dapat menghasilkan PPK yang berkualitas dan berintegritas dalam menjalankan tugasnya.

Dia mengatakan, tes tertulis melalui metode CAT ini dianggap satu-satunya media yang sangat sederhana dan memiliki objektifitas untuk menentukan hasil penilaian.

Melalui metode CAT ini, kata Parrahutan tidak bisa dimanipulasi. Sehingga hasil yang keluar sesuai dengan kemampuan peserta tes.(ysp)

Baca Artikel Pasundan Ekspres lainnya di  Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *