Aksi POLSUB Bantu Peternak Ikan di Cijambe, Beri Alat Pakan Ikan Otomatis dan Website Penjualan Ikan

Aksi POLSUB Bantu Peternak Ikan di Cijambe, Beri Alat Pakan Ikan Otomatis dan Website Penjualan Ikan
Tim Pengabdian dari Politeknik Negeri Subang.
0 Komentar

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah dengan menggunakan arduino para petani lebih mudah dalam memberi pakan ikan dengan sistem otomatis. Karena pakan ikan akan melontarkan pakannya sesuai waktu yang telah ditentukan pada program serta dengan menggunakan sel surya untuk menghemat biaya listrik.

Selain itu juga tim pengabdian membuat website penjualan ikan untuk membantu peternak ikan dalam meningkatkan omset penjualannya.

Tim Pengabdian dari Politeknik Negeri Subang yang terlibat yaitu Susilawati, S.Pd., M.Pd. sebagai ketua pelaksana, Azhis Sholeh Buchori, S.Pd., M.Pd., dan Slamet Rahayu, S.Pd., M.Pd. sebagai anggota tim. Adapun narasumber pendampingan dan pelatihan alat pakan ikan otomatis berbasis mikrokontroller dan solar cell ini adalah Aditya Nugraha, S.Pd., M.Sc.

Baca Juga:Hadiri Subang Investment Summit, Bupati Ruhimat Optimis Investasi di Subang Terus MeningkatKPU Subang Gelar Tes CAT Seleksi Calon PPK Pemilu 2024, Diikuti Sebanyak 807 Peserta

Program pengabdian ini juga melibatkan mahasiswa dari jurusan Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin untuk terjun langsung dalam proses desain dan manufaktur alat pakan ikan otomatis tersebut.

Program pengabdian ini sangat bermanfaat bagi para peternak ikan yang merasa terbantu dalam peningkatan produktivitas dan omset penjualannya, serta bagi Politeknik Negeri Subang yang dapat merealisasikan serta mengembangkan kompetensi keilmuan dosen dan mahasiswanya sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Tim Pengabdian dari Politeknik Negeri Subang menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui hibah Program Penerapan Iptek Masyarakat (PIM) sehingga dapat terselenggaranya kegiatan pengabdian ini.(adv/ysp)

Laman:

1 2
0 Komentar