Penjelasan Lengkap Soal Jenis-Jenis Pondasi Bangunan yang Wajib Kamu Ketahui

jenis-jenis pondasi
jenis-jenis pondasi
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Inilah jenis-jenis pondasi bangunan yang perlu kamu ketahui, mengingat dalam sebuah bangunan pondasi adalah aspek penting.

Apalagi jika kamu pegiat sipil, atau bekerja di perusahaan infrastruktur maka pengetahuan dasar seperti mengenal jenis-jenis pondasi adalah pengetahuan wajib.

Namun sebelum itu kita akan mengetahui terlebih dahulu pengertian dari pada pondasi itu sendiri, sebelum kita masuk pada jenis-jenis pondasi.

Baca Juga:Youth Interfaith Camp 11 dan Deklarasi Sangkuriang Digelar di Subang, 70 Pemuda Pemudi Jabar Lintas Agama BerkumpulKegunaan dan Jenis Bearing pada Mobil yang Harus Dipastikan dalam Kondisi Baik

Pengertian Pondasi

Pondasi adalah hal pertama yang harus ada sebelum elemen lain dalam sebuah bangunan, itulah mengapa pondasi sangat penting.

Bahkan ketahanan sebuah bangunan juga ditentukan dari pondasi baik jenis maupun kualitas pondasi itu sendiri.

Karena salah satu dari fungsi pondasi adalah untuk meneruskan beban dari struktur atas menuju ke bagian bawah (tanah).

Inilah Jenis-jenis Pondasi

Pondasi Dalam

Seperti yang sebelumnya telah dikatakan bahwa jenis pondasi yang satu ini biasa digunakan dalam membangun bangunan bertingkat.

Pondasi ini adalah yang didirikan di permukaan tanah dengan kedalaman tertentu sehingga beban struktur sebuah bangunan dan kondisi permukaan tanah memengaruhi daya dukung pondasinya.

Pondasi ini juga terdiri dari beberapa jenis lagi:

  1. Pondasi Dinding Diafragma (Pondasi Piers): pondasi untuk meneruskan beban struktural yang dibuat dengan menggunakan penggalian dalam. Setelah itu, struktur pondasi Piers dipasangkan bersamaan ke dalam galian.
  2. Pondasi Tiang Pancang: pondasi ini biasnaya menggunakan beton sebagai bahan dasarnya. Beton tersebut kemudian ditancapkan lengsung ke tanah menggunakansebuah mesin yang disebut mesin pemancang.
  3. Pondasi Bor Pile (Caissons): pondasi caissons baisanya dibangun di dalam tanah, tepatnya di permukaan tanah. Selain itu, pondasi yang satu ini ditempatkan pada kedalaman sesuai dengan kebutuhan dengan cara membuat sebuah lubang. Untuk membuat pondasi ini, digunakan sitem pengukuran tanah dengan cara pengeboran.

Pondasi Dangkal

Sementara itu, membuat pondasi dangkal biasanya digunakan dalam proyek pembangunan bangunan yang lebih sederhana.

Selain itu, pondasi yang ini dibuat tak jauh dengan permukaan tanah.

Baca Juga:Setelah Berdarah-darah, Argentina Akhirnya Menjadi Juara Dunia 2022Fakta Naruto Remake 17 12 2022, Inilah Kemungkinan yang Terjadi

Pada umumnya, kedalaman pondasi dibangun kurang dari 1/3 dari lebar pondasi dengan kedalaman kurang dari 3 meter.

Sama halnya dengan pondasi dalam, terdapat beberapa jenis pondasi dangkal:

0 Komentar