Bantuan Gempa Cianjur Perlu Variasi Donasi, Diantaranya Biaya Kuota untuk Pelajar

gempa Cianjur
0 Komentar

PURWAKARTA-Hampir seratusan komunitas dan organisasi di Kabupaten Purwakarta, yang terkoordinasi dan berkolaborasi dalam wadah silaturahmi bernama Bela Purwakarta, menggalang dana baik di jalanan dan di sejumlah tempat, dalam rangka membantu korban gempa Cianjur, beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah atas jiwa solidaritas sosial masyarakat Purwakarta yang begitu tinggi, terkumpul Donasi sekitar Rp62 juta. Jika diakumulasikan dengan bantuan berupa barang berkisar senilai Rp67 juta,” kata Koordinator Bela Purwakarta Aa Komara kepada wartawan, Senin (19/12).

Pengiriman Bantuan Logistik ke Cianjur dilakukan secara bertahap. Ada yang didistribusikan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta, ada yang dititip melalui tim komunitas relawan yang tergabung di Bela Purwakarta yang memiliki jadwal penyaluran bantuan ke Cianjur.

Baca Juga:Komitmen Percepat Penurunan Stunting, TPPS Akan Sinergi dengan Berbagai PihakUniversitas Subang Luluskan Sebanyak 474 Mahasiswa, Wabup Subang Minta Sikapi Industrialisasi

Secara masif, penyaluran bantuan oleh Bela Purwakarta dilaksanakan pada Kamis, 1 Desember 2022 lalu, sekitar pukul 08.00 WIB. Bertitik tolak di halaman parkir Masjid Agung Baing Yusuf Purwakarta dan dilepas langsung oleh Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

“Kami sampaikan terima kasih kepada BPBD Purwakarta yang memberi petunjuk dan informasi update terkait situasi Cianjur, serta memandu kami ke titik lokasi pengungsian warga,” ujar Aa.

Apresiasi yang sama, sambungnya, untuk komunitas trail Purwakarta Tracker yang berperan menyalurkan bantuan setibanya di Cianjur. Yakni, langsung didistribusikan oleh komunitas trail ini ke pelosok camp pengungsi.

“Mereka getol menyalurkan bantuan ke pengungsian yang belum tersentuh bantuan karena keberadaannya di medan yang sulit dijangkau. Mereka layak disebut sebagai Pahlawan Distribusi,” ucap Aa.

Jadwal penyaluran bantuan logistik selanjutnya pada Sabtu, 10 Desember 2022, keberangkatan Bela Purwakarta bersama Tim Relawan Distribusi dari Komunitas White Car dilepas oleh Ketua MUI Kabupaten Purwakarta KH. Jhon Dien.

Pada penyaluran ini, atas referensi dari Purwakarta Tracker berkolaborasi dengan Posko Gabungan Komunitas Trail se-Jawa Barat yang terletak di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

“Selama kami melaksanakan rangkaian kunjungan dan distribusi kepada warga terdampak gempa, terinventarisir beberapa permasalahan. Di antaranya dialami oleh para pelajar yang tidak bisa mengikuti giat pendidikan karena sekolahnya rusak akibat gempa. Pada akhirnya harus belajar dengan metoda daring,” kata Aa.

0 Komentar