Ceramah Khutbah Jum’at Untuk Akhir Tahun 2022

Ceramah Khutbah Jum'at Untuk Akhir Tahun 2022/TANGKAPAN LAYAR(pixabay)
0 Komentar

Dikutip dari kelaspintar.id

Ceramah adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi yang cukup digemari oleh orang-orang Indonesia. Biasanya bisa didengarkan di tempat beribadah seperti masjid atau gereja, ataupun tempat umum lainnya.

Tapi apakah kamu sudah tahu sebenarnya ceramah itu apa? Kalau belum, kamu bisa baca bahasan satu ini karena kita akan membahas lebih jelas tentang ceramah.

ceramah adalah sebuah pidato yang memiliki tujuan untuk menyampaikan serta menerangkan atau menyiarkan petunjuk-petunjuk yang berkaitan dengan ajaran agama, setiap informasi akan disampaikan secara persuasif kepada para pendengar.

Baca Juga:Link Baca Manhwa populer Be The Actor All Chapter Free Link Nonton dan Download Anime Akiba Maid War Sub Indo Batch

Kita juga bisa mengartikan ceramah sebagai sebuah keterampilan lisan atau public speaking.

Ada beberapa ciri khusus yang harus ada di dalam sebuah ceramah, yaitu

~ Disampaikan oleh seseorang yang mempunyai sebuah keahlian dalam bidang atau disiplin ilmu tertentu.
~ Ceramah juga memiliki struktur yang lengkap, terdiri atas pendahuluan, isi, dan juga penutup.
~ Dalam pemilihan tema atau inti dari penyampaian sebuah ceramah, akan digunakan tema yang sesuai dengan keadaan yang sedang terjadi di masyarakat atau kegiatan yang sedang diselenggarakan.
~ Isi ceramah harus bersifat objektif, jelas, dan juga terbukti kebenarannya. Selalu hindari hoaks atau kebohongan.
~ Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami oleh para pendengar.

Ceramah akan dibagi menjadi dua jenis, yaitu ceramah khusus dan juga ceramah umum.

1. Ceramah Khusus

Ceramah khusus memiliki sebuah tujuan untuk memberikan sebuah nasihat atau petunjuk-petunjuk kepada khalayak atau pendengar tertentu dan bersifat khusus. Baik itu dari segi materi ataupun faktor lainnya.

2. Ceramah Umum

Ceramah umum adalah sebuah ceramah yang berisi pesan yang bertujuan untuk memberikan informasi yang ditujukan kepada para pendengar yang umum atau masyarakat luas.

Dikutip dari staiamc.ac.id
By: Ustadz Sholihin Hasan S.Ag., MPd.I

اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسولُه، اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى الِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين، أَمَّا بَعْدُ: فَيَايُّهَا الإِخْوَان، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنْ، قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي اْلقُرْانِ اْلكَرِيمْ: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الَّشيْطَانِ الرَّجِيْم}، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمْ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ الله وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا وقال تعالى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. صَدَقَ اللهُ العَظِيمْ

Baca Juga:Video Viral Tik-tok Wanita yang Menari Dijalan Pada Malam HariLink Baca Manhwa Castle Sub Indo All Chapter Tidak Cocok Untuk Remaja 20 Tahun Kebawah

Jamaah shalat Jumát rahimakumullah, pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah, yakni dengan melaksanakan perintah2 Allah dan menjahui larangan2 Allah.

0 Komentar