Warga Karawang Jadi TKI Melonjak Tujuh Kali Lipat

Warga Subang Jadi TKI
BANYAK JADI TKI: Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Disnakertrans Karawang, Endang Syafrudin mengatakan, di tahun 2022 ini warga Karawang yang menjadi TKI mencapai 2.292 orang. USEP SAEPULOH/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

Disnakertrans Karawang Catat 2.292 Orang

KARAWANG-Disnakertrans mencatat jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Karawang pada tahun ini melonjak. Tak tanggung-tanggung lonjakan Warga Subang Jadi TKI di tahun 2022 nyaris 7 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang, Endang Syafrudin
mengatakan, pihaknya mencatat di tahun 2022 ini warga Karawang yang menjadi TKI mencapai 2.292 orang. Sementara di tahun sebelumnya hanya 364 orang.

Endang menilai, melonjaknya jumlah Warga Subang Jadi TKI tersebut karena pandemi Covid-19 mereda dan sejumlah negara tujuan kembali membuka keran tenaga kerja.

Baca Juga:Pedagang Masih Jualan di Pasar Lama RengasdengklokKamar Dagang dan Industri Kabupaten Karawang Dukung Kenaikan UMP

Menurut Endang, negara-negara favorit tersebut banyak diminati karena ragam alasan, ada minat dan tujuan tertentu dari tiap-tiap TKI.

“Biasanya Arab Saudi yang paling banyak, banyak warga berstatus muslim ingin kesana. Berhubung masih tutup, jadi Taiwan teratas. Kalau Singapura dan Malaysia itu diminati karena bahasanya mudah dan gak perlu dilatih dulu,” jelasnya.
Ia menambahkan, jika negara Timur Tengah dibuka khususnya Arab Saudi, diprediksi pendaftar TKI akan semakin meningkat di tahun 2023 mendatang.

“Semoga negara tujuan Arab Saudi segera dibuka, pastinya itu akan menjadi tujuan para TKI. Jika dibuka, dapat dipastikan tahun 2023 mendatang rekapitulasi data TKI akan semakin meningkat,” pungkasnya. (use/ysp)

0 Komentar