Dandim Kerahkan Pasukan Bersihkan Eceng Gondok

Dandim
0 Komentar

PURWAKARTA– Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi mengerahkan personelnya guna membantu para relawan membersihkan eceng gondok yang tumbuh subur dan menutupi sebagian permukaan perairan Waduk Jatiluhur, Rabu (28/12).

“Waduk Jatiluhur merupakan salah satu tempat yang dijadikan sumber mata pencaharian warga Jatiluhur dan sekitarnya, termasuk para nelayan dan penyedia tempat wisata. Di sini juga terdapat objek vital PLTA Jatiluhur,” kata Dandim kepada wartawan.

Karenanya, sambung Dandim, keberadaan eceng gondok sangat mengganggu, terlebih saat ada ledakan pertumbuhan tanaman tersebut.

Baca Juga:Gus Ahad: BPMU MA Cair Jumat IniGuru PPPK Dapat Rumah Murah

“Keberadaan eceng gondok ini juga sampai ke area keramba ikan, muara, maupun di lokasi wisata,” ujarnya saat meninjau kondisi waduk Jatiluhur di Pelabuhan Biru, Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Lebih dari itu, kata Dandim, eceng gondok juga membahayakan keselamatan pengunjung yang menggunakan perahu untuk berwisata air. Rimbunnya eceng gondok bisa menjadi sarang tikus, ular, dan hama lainnya.

“Apabila eceng gondok tidak cepat dibersihkan, air menjadi keruh dan menurunkan jumlah cahaya matahari ke dasar danau, sehingga menurunkan kelarutan oksigen di dalam air. Yang lebih parah lagi, eceng gondok yang tumbuh tidak terkendali dapat mempercepat proses pendangkalan waduk tersebut,” ucapnya.

Dengan upaya membersihkan eceng gondok ini, kata Dandim, diharapkan berdampak positif, baik pada lingkungan maupun ekonomi warga sekitar.

“Kodim 0619/Purwakarta harus selalu hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat, dan memberikan solusi. Kami akan terus berkolaborasi, baik dengan pemda, pihak pengelola waduk dan seluruh stakeholder untuk mengentaskan permasalahan ini,” katanya.(add/sep)

0 Komentar