Pelabuhan Merak di Tutup Sementara Akibat Cuaca Buruk

Pelabuhan Merak di Tutup Sementara Akibat Cuaca Buruk
Pelabuhan Merak di Tutup Sementara
0 Komentar

Pasundan Ekspres – Daerah perairan selat Sunda sedang dilanda cuaca buruk pada Rabu 28 Desember malam hingga Kamis 29 Desember dini hari.

Dampaknya, satu unit truk tersangkut di rampdor kapal di Dermaga 5 Pelabuhan Merak.

Kemudian, penyeberangan rute Pelabuhan Merak ke pelabuhan Bakauheni pun ditutup dalam beberapa waktu ke depan oleh pihak otoritas.

Baca Juga:Coming Soon! Berikut Rekomendasi Anime yang Tayang 2023, Catat Tanggalnya!Nonton Konser Tulus : TUR Manusia 2023, Cek Info Tiketnya di Sini!

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengungkapkan, berdasarkan informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Rabu pukul 22.30 tidak kondusif untuk pelayaran.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten selaku otoritas meminta pihak ASDP untuk menunda operasi kapal hingga cuaca ditetapkan aman untuk kapal berlayar.

Diketahui, di bulan Desember ini curah hujan mayoritas mengalami peningkatan, yang mengakibatkan terjadinya gelombang tinggi dan angin kencang di sejumlah lintasan penyeberangan.

“ASDP terus melakukan koordinasi intensif khususnya dengan BMKG, kepolisian/TNI, dan otoritas pelabuhan setiap kali sebelum kapal ferry melakukan pelayaran agar perjalanannya aman dan lancar sampai tujuan,” ungkap Shelvy, Kamis 29 Desember 2022.

Layanan penyeberangan Merak-Bakauheni kembali beroperasi pada Kamis dengan pelayaran pertama kapal ekspress dari terminal eksekutif Sosoro-Merak pada pukul 04.00 WIB.

Setelah penutupan layanan penyeberangan semalam, hal ini berakibat pada terjadinya antrian kendaraan yang menunggu proses muat menuju kapal di Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

Tetapi, hal tersebut sudah bisa dikendalikan dan sudah mulai terurai setelah layanan dibuka perdana pagi ini.

Baca Juga:Nonton Drama China Flight to You Full Episode, Klik di Sini!Situs Nonton Film Gratis, Ada Apa Saja? Cek di Sini!

Alasan penutupan layanan penyeberangan menurut situasi force majeur semalam, pengguna jasa yang menunggu layanan tetap dapat melaksanakan penyeberangan pada pagi ini.

Dan untuk yang memilih pengembalian uang, akan dikembalikan secara penuh.

ASDP bersama dengan regulator memperingatkan kepada seluruh masyarakat, pengguna jasa penyeberangan supaya lebih berhati-hati dalam membuat perjalanan dengan kapal ferry di tengah cuaca ekstrem saat ini. P

engguna jasa agar tetap berhati-hati, mewaspadai cuaca buruk, memastikan keadaan stamina dan kendaraan tetap sehat dan dalam keadaan baik, serta selalu patuh pada ketetapan petugas selama berada di pelabuhan dan kapal. (yni)

0 Komentar