Resep Ikan Bakar Gurih dan Nikmat Cocok untuk Merayakan Malam Tahun Baru

Resep ikan bakar
Resep ikan bakar
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Resep ikan bakar ini buat kamu yang berencana bakar ikan untuk merayakan malam tahun baru.

Merayakan tahun baru biasanya dilakukan dengan memasak dan makan bersama, menunya tentu saja ikan bakar, atau jagung bakar.

Jika sedang mencari resep ikan bakar agar bumbu meresap dan hasilnya gurih serta nikmat, sehigga makan menjadi lahap.

Baca Juga:Masjid Al-Jabbar Spirit 27 Kabupaten/Kota Jawa Barat, Pesan RK MakmurkanDukung Pemulihan Ekonomi, Transaksi BNIDirect Tumbuh Positif

Sebenarnya bumbu yang diperlukan sederhana saja, kamu mungkin bisa menggunakan campuran kecap, cabai, dan bahan lainnya.

Jangan lupa ikan disayat terlebih dahulu seelum dimasak, supaya bumbu meresap hingga ke dalam.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan bumbu rempah seperti ketumbar, jahe, asam jawa, kemiri, hingga lada agar ikan yang dibakar semakin beraroma.

Untuk takaran sendiri, kamu bisa menyesuaikan dengan selera masing-masing.

Di bawah ini akan dibagikan perbandingan keperluan satu ikan bakar dengan kebutuhan bumbunya, agar bisa jadi pedoman untuk kamu yang akan mulai berkreasi menyuguhkan menu malam tahun baru.

3 ekor ikan kembung atau ikan apa saja sesuai selera (nila/kakap/gurame)

100 ml santan kental

100 ml air

Garam secukup nya

1 sdm kecap manis

2 buah kecil asam kandis

1 buah serai

Bahan Halus:

15 buah cabai merah keriting

10 buah cabai rawit merah

5 siung bawang merah

4 siung bawang putih

3 lembar daun jeruk (buang tulang daun)

5 cm lengkuas

Cara membuat

Bersihkan ikan dahulu hingga bersih, dan kemudian taburkan dan olesi garam dan perasan jeruk nipis hingga merata dan diamkan sejenak di dalam wadah.

Jika sudah, segera haluskan semua bahan halus dengan ulekan atau blender. Setelah itu, siapkan wajan dan panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga wangi dan kemudian tambahkan garam, air, asam kandis, dan masak hingga mendidih.

Baca Juga:Gelar Diskusi, Ketua SPS Jabar: Regenerasi jadi Kunci Kemajuan Perusahaan Pers Ditanyai Kapan Nikah? Ini Jawaban Luna Maya, Junot: Makanya Kita Cocok

Jika sudah mendidih barulah tambahkan santan dan kecap. Masak hingga semua menjadi satu menggunakan api kecil hingga santan menyusut. Di sini Moms juga bisa sambil mengoreksi rasa dan kemudian matikan kompor.

Geprek sereh yang akan digunakan sebagai alat olesan ke ikan.

Panaskan panggangan, bakar ikan di atas panggangan, dan balik jika salah satu sisi sudah setengah matang. Oleskan ikan dengan bumbu yg sudah dimasak tadi dan balik lagi dan oleskan ke bagian sisi yg lain. Sesekali saat dibakar beri olesan bumbu yang agak banyak.

0 Komentar