SDN Munjul Jaya di Subang  Terapkan Program Sipuloh

SDN Munjul Jaya di Subang  Terapkan Program Sipuloh
SDN Munjul Jaya di Subang  Terapkan Program Sipuloh
0 Komentar

SUBANG-Sebagai upaya menerapkan disiplin dan pembiasaan positif religius, SDN Munjul Jaya menerapkan program Sipuloh yang berarti Siswa Pulang Sekolah Lohor Heula disingkat Sipuloh.

Kepala SDN Munjul Jaya Edi Hernawan SPd mengatakan, program Sipuloh ini bertujuan membiasakan siswa agar salat dzuhur (salat lohor dalam bahasa Sunda) terlebih dahulu sebelum pulang sekolah.

Dia mengatakan, biasanya siswa akan lupa dan tidak salat dulu begitu sesampai di rumah karena capek atau malah langsung bermain dengan teman-temannya.

Baca Juga:Sepak Bola di Indonesia Sulit Maju, Inilah Beberapa AlasannyaTidak Perlu Waktu Lama Untuk Mempelajarinya, Inilah 5 Jenis Alat Musik Paling Mudah di Pelajari

“Ya kita ingin mengajarkan kebiasaan mengingatkan siswa untuk salat berjamaah atau sembahyang dzuhur (lohor) sebelum pulang sekolah,” katanya.

Dengan menerapkan kebiasaan itu, maka diharapkan siswa saat dewasa kelak atau sudah baligh secara terus menerus membiasakan diri untuk tepat waktu melaksanakan salat lima waktu. Bukan hanya salat lohor saja, salat lima waktu lainnya akan merasa diingatkan oleh pembiasaan di sekolah ini.

Selain itu, dengan salat berjamaah sebelum pulang sekolah, juga diharapkan lebih mendekatkan diri kepada Sang Kholik Pencipta Semesta Alam dan mensyukuri atas nikmat kesehatan dan panjang umur, nikmat iman dan islam. Sehingga keimanan dan ketaatan beribadah senantiasa terpatri dalam hati sanubari siswa sekalian.

“Pembiasaan yang baik dan bernilai religi akan sangat berkesan dan terpatri di dalam hati, kebiasaan itu akan terus diingat dan dijalankan dalam kehidupan sehari hari nya,” tukasnya.(dan/ysp)

0 Komentar