Observatorium Bosscha Jadi Kawasan Cagar Budaya

Observatorium Bosscha
0 Komentar

Sejarah Berkontribusi di Bidang Astronomi

BANDUNG BARAT-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merencanakan menjadikan Observatorium Bosscha sebagai kawasan cagar budaya. Hal itu disampaikan Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil dalam peringatan 100 Tahun Observatorium Bosscha di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Menurut Emil, peringatan seabad Observatorium menjadi peristiwa bersejarah mengingat, tempat tersebut telah banyak berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan khususnya, dalam bidang astronomi.

“Observatorium Bosscha telah berkontribusi memberikan pengetahuan perastronomian tidak hanya di Indonesia, Asia, tapi juga di dunia,” ucap Emil saat di temui di lokasi, Senin (30/1).

Baca Juga:DPRD Susun Raperda InvestasiSiswa SMPN 2 Parungbanteng Belajar di Luar Ruangan

Dikarenakan telah banyaknya sumbangsih pengetahuan yang diberikan Observatorium , dia menegaskan, Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Barat akan terus berupaya mewujudkan Observatorium sebagai kawasan cagar budaya.

“Supaya nanti kawasan ini bisa dilestarikan sehingga, tujuan utama menghasilkan kajian-kajian dan temuan tidak terganggu perkembangan ekonomi atau perkembangan pembangunan yang menggerus wilayah di sini,” ungkapnya.

Diakui Emil, hingga saat ini, keberadaan Observatorium masih menjadi tempat istimewa yang jarang dimiliki wilayah-wilayah lainnya.

“Tempat paling istimewa karena berada di daerah ekuator yang bisa melihat bintang di hemisper utara dan juga hemisper selatan, sehingga dapat dua wilayah yang istimewa,” ujarnya.(eko/sep)

0 Komentar