Semua Terlahir Jantan, Inilah Beberapa Fakta Menarik Ikan Badut

fakta menarik ikan badut
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESFakta menarik ikan badut salah satunya adalah mereka semua terlahir jantan. Selain itu ada beberapafakta menarik lainnya seputar ikan badut.

Ikan ini memiliki nama ikan badut karena warna pada tubuhnya yang cerah dan mirip seperti kostum badut. Selain itu, banyak dari orang mengenal ikan badut melalui film Finding Nemo.

Makanan utama dari ikan badut adalah plankton serta alga. Ikan badut memiliki ukuran yang kecil, yaitu berkisar 14 sampai 16 cm. Oleh karena itu, tubuhnya yang mungil menjadikan ikan ini sebagai ikan hias.

Baca Juga:Angka Kematian Bayi Turun Signifikan Di Jawa Barat!Sinopsis Film Autobiografi, Peraih 18 Penghargaan Serta Sudah Keliling ke 25 Festival Internasional

Selain berukura kecil dan memliki warna yang cantik, ada beberapa fakta menarik tentang ikan badut. DIantaraya

  1. Terlahir sebagai jantan

Meskipun semua ikan badut terlahir berjenis kelamin jantan, ikan badut tetap bisa melakukan reproduksi.

Mengutip dari National Geographic (24/06/2020), Semua ikan badut terlahir dengan jenis kelamin jantan.

Namun, ikan badut memiliki kemampuan untuk mengubah jenis kelamin menjadi betina. Hal ini dilakukan apabila sekelompok ikan badut membutuhkan betina untuk bereproduksi.

Jika sudah begitu, salah satu ikan badut akan makan lebih banyak dan menjadi yang terbesar ukurannya diantara kawannya. Setelah menggendut, secara naluriah akan berganti menjadi betina.

Dalam sekelompok ikan badut hanya ada satu ikan badut yang mengubah jenis kelaminnya menjadi betina.

  1. Simbiosis Mutualisme dengan Anemon Laut.

Anemon laut merupakan jenis hewan yang memiliki tentakel dan juga bisa menyengat. Walaupun begitu, ikan badut bisa hidup berlindung pada tentakel anemone laut tersebut.

Baca Juga:Inspirasi 5 Pesona Alam Indah Bali Yang Terlihat di MV Terbaru “Sugar Rush Ride” TXT!SERU! JABAR Gelar Festival Keanekaragaman Makanan!

Anemon laut diuntungkan dengan adanya ikan badut yang ternyata bisa mengusir hewan-hewan yang memangsa anemone laut.

Dengan demikian bisa kita katakan bahwa ikan badut dan juga anemon laut memiliki hubungan simbiosis mutualisme.

  1. Ikan Badut Merupaka Ayah yang Baik

Hal ini terbukti dengan sikap pejantan yang menjaga telur-telur yang sudah betina keluarkan. Bahkan ikan badut jantan akan mencarikan tempat untuk si betina bertelur.

  1. Tidak Pandai Berenang

Satu hal lagi yang unik dan menarik adalah fakta bahwa ikan badut tidak pandai berenang. Hal ini yang menyebabkan ikan badut lebih sering berlindung pada tentakel anemon laut.

0 Komentar