5 Cara Mengatasi Stress Dengan Sehat!

cara mengatasi stress
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES- Banyak berbagai cara dalam menghadapi atau mengatasi stress, akan tetapi sedikit cara yang mengatasinya dengan sehat.

Cara mengatasi stress anda harus tau dan normal ketika anda sedang menghadapi situasi yang terancam ataupun situasi yang baru pertama kali di hadapi.

Namun karena setiap cara pribadi merespon terhadap masalah berbeda-beda, anda harus mengatasi masalah (stres) dengan cara yang sehat demi kesehatan tubuh diri sendiri.

Baca Juga:Download Game Last Ultima CBT APK/PCLink Nonton Drama Missing The Other Side, Kisah Misteri Sebuah Desa dan Kiprah Penipu yang Baik

Stres merupakan perubahan sikap atau reaksi tubuh ketika menghadapi ancaman, tekanan, atau situasi yang baru di rasakan.

Ketika sedang menghadapi stres, tubuh akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol.

Kondisi seperti itu akan membuat detak jantung dan tekanan darah akan meningkat, pernapasan menjadi lebih cepat, serta otot menjadi tegang.

  1. Berolahraga

Olahraga mampu meningkatkan fokus dan suasana hati anda. Tak perlu berolahraga berat sekaligus, cukup dengan  berjalan kaki, joging, berenang, angkat beban, berlari atau bersepeda. Jika anda melakukan olahraga dengan teratur anda akan dapat menurunkan stress, hal ini karena dengan olahraga yang teratur dapat menurunkan hormone kortisol dan epineprin serta meningkatkan hormone norepineprin sebagai entidepresan. Manfaat olahraga membuat pikiran anda menjadi lebih jernih sehingga pikiran negatif akan pergi dan teralihkan.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat

Hindari makanan-makanan yang bisa memperburuk suasana hati atau stres. Misalnya seperti kafein, gula, dan minuman yang beralkohol. Makanan dan minuman tersebut bisa meningkatkan detak jantung, menyebabkan kegelisahan, dan membuat anda sulit tidur. Sebaliknya, perbanyak makanan buah, sayuran, kacang dan biji-bijian.

  1. Tinggalkan kebiasaan yang tidak sehat

Tak sedikit orang yang beralih ke alkohol, rokok dan makan berlebihan saat stress bahkan untuk menghilangkan stress dengan cara seperti itu. Bukannya mereda, kebiasaan ini justru memperparah kondisi yang ada sekaligus membahayakan kesehatan tubuh. Mulailah batasi atau tinggalkan kebiasaan yang tidak sehat tersebut menghindari tubuh menjadi lebih tidak sehat.

  1. Melakukan aktivitas yang menyenangkan

Melakukan kegiatan menyenangkan akan membuat tubuh anda dapat melepaskan hormon endorphin yang akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Pastikan aktivitas yang akan di lakukan bersifat positif agar tidak menimbulkan masalah baru atau stres.

0 Komentar