Habib Luthfi: Jaga Toleransi untuk Rawat Kebhinekaan

Habib Luthfi
KUNJUNGAN: Habib Luthfi menegaskan peran toleransi dalam menjaga dan merawat kebhinekaan. ADAM SUMARTO/PASUNDAN ESKPRES
0 Komentar

PURWAKARTA-Ulama kharismatik yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Muhammad Luthfi bin Yahya atau lebih dikenal Habib Luthfi menegaskan peran toleransi dalam menjaga dan merawat kebhinekaan. Ini disampaikan saat berkunjung ke Kabupaten Purwakarta dan diterima di Rumah Dinas Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain, Senin (30/1).

Pada kunjungan tersebut, Habib Luthfi menyebutkan, toleransi menjadi hal yang paling fundamental dalam merawat kebhinekaan ini. Namun, di sisi lain, nilai-nilai intoleransi di Indonesia juga cukup tinggi.

“Kita perlu meminimalisir nilai-nilai intoleransi di setiap daerah. Kita jangan memberi peluang kepada kelompok intoleran berkembang di Indonesia. Jangan beri peluang sejengkal pun kepada kelompok intoleran,” katanya tegas.

Baca Juga:Miris, Siswa SDN Muarabaru Belajar di Tenda Darurat Dua BulanTol Japek 2 Masih Berpolemik, Tanah Warga Dihargai Murah, Rumah Dieksekusi Meski Belum Sepakat

Menanggapi hal tersebut, Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi menyebutkan, pesan yang disampaikan Habib Luthfi sejalan dengan instruksi KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurrahman.

“KSAD telah memerintahkan seluruh anggotanya, termasuk di jajaran Kodim hingga Koramil untuk mencari tahu di mana saja lokasi kelompok intoleran berada dan memantau kegiatan mereka. Sehingga kita akan tahu tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya,” ucap Dandim.

Lebih lanjut, Dandim juga menegaskan bahwa tidak ada tempat untuk gerakan kelompok intoleran di Indonesia, termasuk di Purwakarta. “Mau itu bertameng agama, organisasi, kesukuan, atau kelompok separatis, dan lainnya,” katanya.

Untuk diketahui, kedatangan Habib Luthfi di Kabupaten Purwakarta sejatinya untuk menghadiri Kirab Kebangsaan yang merupakan puncak acara Harlah Satu Abad NU di Kabupaten Purwakarta yang dilaksanakan pada Selasa (31/1).
Namun, karena satu dan lain hal, Habib Luthfi berhalangan hadir pada hari H, namun beliau menyempatkan datang ke Purwakarta pada H-1 acara. Di Purwakarta, Habib Luthfi diterima di Rumah Dinas Kapolres Purwakarta dan bersilaturahmi dengan jajaran Forkopimda serta para kiai dan ulama.(add/vry)

0 Komentar